visitaaponce.com

Muhaimin Janji Prioritaskan Kesehatan Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

Muhaimin Janji Prioritaskan Kesehatan Ibu Hamil untuk Cegah Stunting
Pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar(Antara)

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, berjanji untuk memprioritaskan kesehatan ibu hamil sejak usia nol kehamilan jika nanti terpilih. Janji itu ia sampaikan saat menggelar kampanye di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (19/12).

"Sejak nol kehamilan seorang ibu harus mendapat perhatian. Ini perintah agama menjaga keturunan sehingga itu menjadi kewajiban negara. Kalau keturunan sehat, akan ada generasi unggul," kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Menurut dia, anggaran penanganan stunting sangat besar yakni mencapai Rp40 triliun. Namun saat ini masalah tersebut belum bisa ditangani secara baik karena kebijakan yang ada tidak menyentuh akar masalahnya, yakni menjaga kesehatan ibu hamil.

Baca juga: Amin Raih Banyak Dukungan dari Komunitas Agama

"Anggaran sebesar itu lebih banyak digunakan untuk rapat daripada pelaksanaannya. Ini memang harus digeser. Rp40 triliun ini jangan digunakan terlambat menangani anak, harus digunakan sejak nol kehamilan seorang ibu," tuturnya.

Pendampingan dan pemantauan kesehatan ibu hamil nantinya bisa dilakukan dengan memanfaatkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta kegiatan-kegiatan di desa. (Ant/Z-11)

Baca juga: Anies-Muhaimin Komitmen Transparan dalam Menyusun Kebijakan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat