visitaaponce.com

Majalah CIA dan Kementerian PPPA Jalin Kolaborasi Tingkatkan Literasi Anak

Majalah CIA dan Kementerian PPPA Jalin Kolaborasi Tingkatkan Literasi Anak
Majalah CIA dan Kementerian PPPA berkolaborasi meningkatkan literasi anak dengan pemenuhan Hak Baca Anak.(Dok. Majalah CIA)

MAJALAH Cahaya Inspirasi Anak (CIA) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) telah resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS).  Melalui kolaborasi ini, kedua pihak berkomitmen bersama untuk memenuhi hak anak atas informasi dan menegakkan Hak Baca Anak (HBA). HBA adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Majalah CIA untuk meningkatkan peran serta aktif dari semua pemangku kepentingan untuk memastikan terpenuhinya hak baca anak. 

Setiap anak tidak hanya dituntut untuk memiliki minat, mampu, dan terampil membaca, tetapi perlu mendapatkan pendampingan dan fasilitasi yang memadai dari orang tua, lembaga pendidikan, dan masyarakat. 

Fokus utama kerja sama ini adalah memastikan pemenuhan hak dasar anak sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. "Kementerian PPPA memberikan dukungan aktif dalam pelaksanaan gerakan HBA serta penyelenggaraan sosialisasi dan publikasi kegiatan pemenuhan hak anak sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak," jelas Plt. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Rini Handayani dalam keterangan resmi, dilansir Senin (18/12). 

Sementara itu, sebagai salah satu media anak di Indonesia, Majalah CIA berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan informasi yang layak bagi anak-anak. Majalah CIA juga akan ambil bagian dalam pendampingan dan pengembangan komunitas Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) dan Majalah Forum Anak (MALFORA).

"Dalam mendukung Hak Baca Anak melalui PISA, Kementerian PPPA berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional dan mitra, termasuk Majalah CIA. Upaya ini bertujuan meningkatkan minat baca, budaya literasi, dan pengetahuan anak," ujar Rini Handayani.

Salah satu realisasi kerja sama periode 2023-2025 adalah pelatihan bagi orang tua dan pengurus PISA di Surakarta. Majalah CIA juga akan memfasilitasi peningkatan kompetensi anggota MALFORA di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi melalui pelatihan jurnalistik. Program ini dirancang untuk memperkuat peran aktif masyarakat dan orang tua untuk memenuhi hak anak atas informasi yang layak.

“Kami sangat mengapresiasi dan bersyukur atas dukungan yang diberikan Kementerian PPPA terhadap gerakan Hak Baca Anak. Sinergi ini akan memperkuat gerakan baca, terutama membaca buku cetak untuk anak di usia dasar. Mari bersama bergerak mewujudkan generasi yang literat di Indonesia,” ungkap pendiri Majalah CIA Stefanie Augustin. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat