visitaaponce.com

Didukung Kedutaan Besar Inggris, Genomic Science Dojo Workshop Siap Digelar

Didukung Kedutaan Besar Inggris, Genomic Science Dojo & Workshop Siap Digelar
GSI Aacademy dan Oxford University siap menggelar Genomics Science Dojo di Jakarta.(Ist)

PELUNCURAN cara baru dalam memberikan pelatihan kepada peneliti dan peminat studi Genomics dengan memberikan pelatihan secara hands-on dan minds-on.

Pelatihan yang didukung Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris Raya di Jakarta untuk mengasah cara berpikir yang kritis, analisis berkualitas, dan menghadirkan karya ilmiah di Indonesia.

Untuk pertama kalinya, Genomics Forum 2023 akan digelar di Jakarta. Forum diskusi dihadiri para pemangku kebijakan dan peneliti ahli di bidang genomik dari Inggris dan Indonesia.

Baca juga: Tes Lifestyle Genomics Bantu Mengarahkan Pasien ke Pengobatan yang Tepat

Dari pertemuan ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai untuk kepentingan peneliti di Inggris dan Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai di antaranya membangun jaringan kolaborasi riset dan teknologi jangka panjang antara pihak-pihak terkait dari kedua negara.

Memperkenalkan teknologi-teknologi riset baru di bidang ini kepada para profesional di bidang kesehatan, dan membimbing ilmuwan untuk lebih dapat berpikir secara kritis, analisa data, dan melakukan penerbitan jurnal terkait Genomics.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran khalayak umum mengenai dampak positif yang dapat dihasilkan oleh kemajuan teknologi di bidang ini serta berharap agar kolaborasi riset ini didesain untuk bersifat jangka panjang.

Dengan demikian, kegiatan akan diikuti langkah konkret dalam pelaksanaan kolaborasi oleh pihak-pihak dari Inggris dan Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Dinilai belum Memiliki Regulasi Kuat untuk Jalankan Proyek Genom

Pada Genomic Forum 2023, kegiatan Genomic & Science Dojo diinisiasi Summit Institute for Development (SID), Oxford University Clinical Research Unit (OUCRU) Indonesia, Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) Academy, and Human Nutrition Research Center-Indonesia Medical Education and Research Institute (HNRC-IMERI FKUI) dan kegiatan didukung penuh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

“Acara Dojo & Workshop ini akan membawa dampak yang sangat besar bagi komunitas peneliti genomik di Indonesia dan juga akan mengarah pada lebih banyak analisis data dan publikasi terkait Genomics yang terselesaikan,” kata Dr. Anuraj H Shankar.DSc dari OUCRU-Indonesia dalam keterangan, Rabu (20/12).

“Dengan di-launching-nya Novel Genomics and Science Dojo dan analisanya serta Workshop Penulisan Ilmiah, ilmuwan baik senior dan pelajar juga akan dibekali dengan keterampilan berpikir kritis, hak pilihan dan pemberdayaan pribadi, psikologi positif, keterampilan persuasif dan menulis bahasa Inggris, analisis data dan keterampilan menulis naskah,”ujar Yuni Dwi Setiyawati, MSc, Head of Summit Institute for Development.

Baca juga: Proyek Genom Manusia

dr. Ariel Pradipto PhD dari GSI Lab dan Universitas Indonesia (UI) mengatakan,“Dalam kegiatan nantinya, peserta akan memperoleh dan meningkatkan keterampilan inti mereka dalam analisis dan interpretasi data genom dalam konteks kovariat biomedis, klinis, dan kesehatan masyarakat umum, serta menulis dan mengkomunikasikan temuan."

"Bekerja dalam tim proyek yang terdiri dari 2 orang per tim dan belajar dari peneliti dari proyek lain, peserta bekerja secara langsung dengan data mereka sendiri dengan tujuan memaksimalkan nilai pekerjaan mereka saat ini dan secara bersamaan mengembangkan keterampilan yang dapat diterapkan secara umum,” jelasnya.

Untuk jadwal Dojo akan dilaksanakan pada Januari – Februari 2024 untuk GSD, Maret 2024 untuk GSW. Dojo dan GSW akan menghadirkan pembicara Dr. Anuraj H Shankar D.Sc B.Sc, Daniel Fatori, PhD, Felipe Argolo Ph.D, Prof. Dr. Dr. Rina Agustina, M.Gizi , dr. Ariel Pradipta, M.Res, Ph.D.

Perlu diketahui bahwa GSW adalah suatu workshop intensif yang dibiayai kedutaan besar UK dimana peserta akan di-coaching baik secara scientific, mental dan karya ilmiah.

Sementara itu, Genomics and Science Dojo (GSD) adalah cara baru untuk memberikan pelatihan langsung dan “minds-on” untuk berpikir kritis, analisis berkualitas tinggi, dan penulisan ilmiah. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat