visitaaponce.com

Mengetahui Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitung

Mengetahui Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitung
Ilustrasi.(Freepik.)

STANDAR deviasi atau simpangan baku ialah konsep yang umumnya diajarkan dalam ilmu statistik untuk mengukur tingkat variasi atau kedekatan dalam suatu kelompok data. Secara lebih rinci, standar deviasi merupakan suatu nilai statistik yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana sebaran data dalam suatu sampel dan seberapa dekat titik data individu dengan mean atau rata-rata nilai dari sampel tersebut. 

Dalam konteks ini, standar deviasi memberikan informasi tentang seberapa jauh data tersebar dari nilai rata-ratanya, sehingga memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang ragam atau variasi yang terdapat dalam kumpulan data tersebut. Dengan memahami standar deviasi, analis atau peneliti dapat mengidentifikasi seberapa konsisten atau heterogen data tersebut dan memberikan landasan untuk interpretasi statistik yang lebih mendalam.

Fungsi rumus standar deviasi

Fungsi rumus standar deviasi melibatkan penggunaan konsep statistik untuk memberikan gambaran tentang sejauh mana sebaran data dari rata-rata atau mean. Salah satu peran utama dari rumus standar deviasi adalah menyajikan informasi tentang variasi data terhadap nilai rata-ratanya.

Baca juga: Cara Menentukan Volume Limas Segitiga dan Segi Empat, Rumus dan Contoh Soal

Menurut buku Statistik Pendidikan oleh Syafril, standar deviasi dianggap sebagai pengukuran variabilitas yang paling memenuhi persyaratan karena tidak mengabaikan nilai yang ekstrem. Rumus standar deviasi menghitung penyimpangan nilai dari rata-rata dan memperhitungkan penyimpangan nilai negatif dan positif. Dengan demikian, standar deviasi memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang sebaran data daripada hanya menggunakan nilai rata-rata.

Dalam konteks pendidikan, misalnya, ketika ingin mengetahui berat badan remaja perempuan berusia 15-17 tahun di suatu sekolah, penggunaan standar deviasi dapat membantu dalam menyajikan informasi tentang seberapa bervariasinya berat badan di antara mereka. Dengan mengumpulkan sampel data representatif dari populasi tersebut, menghitung rata-rata dan standar deviasi, analisis statistik dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang karakteristik berat badan remaja perempuan di sekolah tersebut. Hal ini menggambarkan pentingnya standar deviasi dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang variasi data dan distribusi nilai dalam suatu populasi atau sampel.

Contoh soal pembahasan standar deviasi

Pembahasan:

1. Tentukan nilai tengah dari setiap kelompok yang ada. Selanjutnya hitung jumlah nilai kelompok dengan cara nilai tengah dikali frekuensi.


 
2. Hitung nilai rata-rata dengan cara jumlah nilai kelompok dibagi dengan total data tersebut.

3. Hitung simpangan setiap kelompok dengan cara mengkalikan frekuensi dengan kuadrat nilai tengah yang dikurang rata-rata data.

cara menghitung standar deviasi
 
4. Jumlah simpangan setiap kelompok dibagi dengan total data disebut varian.


    
5. Kemudian akarkuadratkan nilai varian tersebut.



Jadi, standar deviasi kelompok tersebut sebesar  

Nah itu dia rumus standar deviasi dan contohnya. Menghitung standar deviasi tidak terlalu suilit lagi bukan? Kalau masih sulit, terulah berlatih soal-soal latihannya yah, semangat belajar. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat