visitaaponce.com

Wajib Tahu 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Kulit, hingga Pencernaan

Wajib Tahu! 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Kulit, hingga Pencernaan
Ilustrasi manfaat lidah buaya((Freepik/jcomp))

Ada berbagai manfaat lidah buaya yang menjadikannya sebagai tanaman serbaguna. 

Selama berabad-abad, lidah buaya atau aloe vera dikenal dan digunakan secara tradisional untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh.

Konon, lidah buaya berasal dari kepulauan Canaria di sebelah barat laut Afrika. Egyptian Book of Remedies menyebutkan bahwa tanaman ini sudah lama dimanfaatkan untuk obat dan kosmetik, bahkan sejak zaman Cleopatra.

Lidah buaya biasanya tumbuh di dataran kering, seperti Asia, Afrika, dan Amerika. Tanaman ini mampu mempertahankan cadangan airnya meski berada pada wilayah yang sangat kering.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya di antaranya mineral, berbagai vitamin, asam amino, dan enzim.

Tak heran jika tanaman yang memiliki daun berdaging tebal ini juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Tiongkok dan India untuk penyembuhan ataupun perawatan kulit.

Untuk informasi selengkapnya terkait khasiat lidah buaya, pastikan kamu simak artikel ini hingga selesai.

Baca juga: 9 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Manfaat Lidah Buaya

1. Menghidrasi Kulit

Daun lidah buaya menghasilkan gel yang mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, C, E dan B12. Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung kadar air yang tinggi yaitu 98 persen.

Tak heran jika tanaman ini dimanfaatkan selama bertahun-tahun untuk membantu menghidrasi kulit yang kering secara alami.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam gel lidah buaya dapat menenangkan dan menjadikan kulit terasa lebih kenyal.

Penggunaan secara rutin dapat memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit kering. Kamu bisa menggunakan produk pelembap lidah buaya yang dijual di pasaran, dan mengoleskannya ke kulit setelah mandi.

Kamu juga bisa membuat masker lidah buaya sendiri di rumah.

Siapkan lidah buaya, kupas kulitnya, cuci, dan ambil bagian dagingnya yang berwarna putih bening. Jangan lupa untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakannya ke area yang lebih luas.

Jika tidak terlihat tanda alergi, oleskan ke wajah dan leher secara merata, biarkan sekitar 15 hingga 20 menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

Baca juga: Berbau Tak Sedap, Ini 9 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengatasi Masalah Kulit

Banyaknya manfaat lidah buaya untuk kulit juga membuat tanaman ini sering kali digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk meredakan jerawat, eksim, dan psoriasis.

Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, hingga antibakteri, yang dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Selain itu, kandungan alami yang ada dalam lidah buaya dapat membantu mencerahkan dan mengurangi kadar pigmentasi pada wajah. Kamu pun bisa mencobanya untuk mengurangi noda hitam pada kulit wajah.

Lidah buaya juga dapat merangsang produksi kolagen, sejenis protein yang dapat menjaga elastisitas kulit. Dengan begitu tanaman ini sering kali dianggap dapat membantu mencegah atau mengurangi keriput pada wajah.

Namun, penting untuk diingat bahwa respons kulit setiap orang berbeda. Untuk itu, coba lakukan uji alergi sebelum menggunakan lidah buaya atau bahan alami lainnya untuk perawatan kulit.

3. Perawatan Rambut Alami

Tak harus ke salon untuk melakukan perawatan rambut. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan alami seperti lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah dikenal luas dari masa ke masa. Kandungan nutrisi seperti asam amino, berbagai vitamin, dan mineral dapat mengurangi kerusakan rambut, serta meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Kadar air yang tinggi dalam lidah buaya membantu melembabkan rambut kering dan menjaga kelembutan alaminya.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu mengurangi ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Gel lidah buaya dapat digunakan sebagai kondisioner alami untuk merawat rambut.

Baca juga: 7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Dilengkapi Cara Penggunaan hingga Efek Samping

4. Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya yang berikutnya yaitu dapat menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari atau luka bakar ringan.

Penggunaan gel lidah buaya dapat menenangkan dan menyejukkan kulit, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan sensasi terbakar pada area luka.

Kandungan antiinflamasi dan antioksidan, serta adanya senyawa glukomanan dapat mengurangi peradangan dan membantu mempercepat regenerasi sel dan terbentuknya kolagen. Dengan begitu, proses penyembuhan luka bakar bisa menjadi lebih cepat.

Adanya sifat antibakteri juga membantu mencegah infeksi pada luka bakar dan melindungi area tersebut dari pertumbuhan bakteri.

Jika ingin menggunakannya, kamu dapat langsung mengoleskan gel dari daging lidah buaya pada area luka bakar.

Kamu juga bisa membeli produk perawatan kulit lain yang memiliki kandungan lidah buaya yang tinggi dan tanpa tambahan bahan kimia, seperti pewarna ataupun parfum.

Baca juga: 6 Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Penggunaannya, Bisa Atasi Jerawat!

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat lidah buaya selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Tak heran jika lidah buaya digunakan dalam beberapa produk pasta gigi karena sifat antibakterinya. 

Ekstrak tanaman tersebut diketahui dapat menjaga kesehatan gigi, seperti memperkuat dan memutihkan gigi, serta membantu mengurangi sensitivitas gigi.

Penggunaan lidah buaya juga dapat membantu menjaga kesehatan gusi, mencegah peradangan, dan mengurangi risiko penyakit gusi, berkat adanya senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beragamnya manfaat lidah buaya antara lain karena tanaman ini kaya akan nutrisi, berbagai vitamin, dan juga antioksidan.

Hal ini menjadikan lidah buaya sebagai salah satu tumbuhan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan mineral, zat besi, kalsium, tembaga, magnesium, dan selenium di dalam lidah buaya dipercaya dapat melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Selain bermanfaat, minuman lidah buaya juga mudah dibuat.

Setelah dikupas, dipisahkan dagingnya, dan dicuci bersih, kamu bisa membuat jus lidah buaya dengan campuran jahe dan jeruk peras, serta tambahan es batu.

Jika sudah diolah dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, lidah buaya dapat mencegah berbagai risiko penyakit yang mungkin menyerang tubuh.

Baca juga: 8 Atraksi Seru di Bali Bird Park, Cek Jadwal dan harga Tiketnya!

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seiring berkembangnya zaman, pelepah lidah buaya bukan hanya dimanfaatkan untuk obat saja, tapi juga menjadi berbagai olahan minuman dan makanan.

Jika kamu sering merasa susah buang air besar ataupun terganggu dengan masalah pencernaan, cobalah mengonsumsi minuman lidah buaya.

Kandungan serat dalam lidah buaya dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya juga dianggap bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus. Dengan begitu, mengonsumsi minuman lidah buaya secara rutin dalam jumlah yang tepat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca juga: Inilah 10 Fasilitas Menarik di Orchid Forest Cikole, Banyak Spot Foto Kece!

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh dan kulit. 

Selain dijadikan minuman, masker wajah, pelembap, hingga pasta gigi, lidah buaya juga dapat dijadikan olahan makanan unik, seperti dodol, jelly, kerupuk, dan banyak lagi.

Di samping manfaat lidah buaya yang signifikan, beberapa orang mungkin dapat mengalami efek samping, terutama jika digunakan dalam jumlah yang terlalu besar atau pada kulit yang sensitif.

Beberapa efek samping yang mungkin dialami di antaranya iritasi kulit, ataupun reaksi alergi lain seperti gatal, ruam, atau bengkak.

Untuk mengurangi efek samping yang mungkin terjadi setelah penggunaan lidah buaya, ada baiknya melakukan uji coba pada bagian kulit sebelum menggunakan secara luas, terutama pada kulit wajah.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat