visitaaponce.com

RSPP Sediakan Layanan Pengobatan Kanker dengan BPJS

RSPP Sediakan Layanan Pengobatan Kanker dengan BPJS
Rumah Sakit Pusat Pertamina terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.(DOK Humas RSPP)

MEMASUKI usia yang ke-52 tahun pada 6 Januari 2024, Indonesia Healthcare Corporation Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya menyediakan layanan radioterapi kanker yang dapat diakses peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Tidak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Mulai 1 Januari 2024, untuk layanan radioterapi sudah disetujui oleh BPJS Kesehatan," kata Direktur IHC RSPP dr Neny Herawati dalam keterangan yang diterima, Rabu (10/1).

Neny mengharapkan melalui sinergi ini, semakin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan, karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya. Selain layanan radioterapi kanker, kata dia, sejumlah layanan lain seperti kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung dan endoskopikini sedang dalam tahap pengajuan untuk juga dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS, dan mudah-mudahan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Neny mengungkapkan sampai saat ini IHC RSPP merupakan satu-satunya rumah sakit asal Indonesia yang tergabung ke dalam Mayo Clinic Care Network (MCCN). Status keanggotaan ini, jelasnya, memungkinkan IHC RSPP dalam mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di dunia, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, dan pengobatan layanan dan penyakit lainnya.

"Hal itu merupakan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional, karena tim medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference dan secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis," ucapnya.

Selain layanan kanker dan cardioendoneurovascular, IHC RSPP juga memiliki layanan lain yang menjadi unggulan, seperti MCU one stop service, Klinik Vaksin tersertifikasi ICV (International Certificate Vaccination), Mental health Clinic yang merukolaborasi dokter kesehatan jiwa dengan psikolog dan lain sebagainya. "Kami juga membuat sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dengan digitalisasi mulai dari hulu ke hilir, demi memudahkan pasien yang akan berobat," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Medis RSPP dr Dody Alamsyah Siregar mengatakan keberadaan RSPP pada tahun ini diubah yang sejak lama terkesan elite serta mahal yang peruntukannya bagi pejabat saja. "Kami buktikan dengan dibukanya pelayanan BPJS bagi masyarakat umum. Jadi RSPP terbuka untuk masyarakat berbagai kalangan, " pungkas Dody. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat