visitaaponce.com

Rumah Sakit ini Resmikan Layanan Terpadu One Stop Services Khusus Lansia di Jakarta

Rumah Sakit ini Resmikan Layanan Terpadu One Stop Services Khusus Lansia di Jakarta
Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre(MI/INDRASTUTI)

RUMAH Sakit Atma Jaya (RSAJ) meresmikan pusat layanan kesehatan terpadu, Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre, khusus untuk melayani pasien lanjut usia.

"Sangatlah penting untuk memberi perhatian khusus pada kelompok geriatric population, mengingat kelompok masyarakat dengan usia di atas 60 tahun tersebut kerap mengidap komorbiditas atau dua atau lebih penyakit sekaligus dalam kehidupan mereka,” kata Direktur RS Atma Jaya Devi Anggraeni, pekan lalu.

Bonus demografi, juga dibarengi dengan bertambahnya jumlah penduduk yang menua (ageing population) setidaknya 20 persen dari total penduduk. Oleh karena itu, kebutuhan layanan kesehatan bagi para lansia menjadi kebutuhan. Apalagi menurut Devi, sebanyak 60 persen pasien RS Atma Jaya sudah berusia lanjut. 

Baca juga : 4 Provinsi Ini Bakal Miliki RS dengan Layanan Kesehatan Terlengkap. Dimana Saja?

Devi Anggraeni menyatakan, pusat layanan kesehatan terpadu itu menyediakan dokter-dokter spesialis khusus penyakit lansia dan pasien dapat menyesuaikan layanan kesehatan dengan kebutuhan khusus dan preferensi pasien lansia itu sendiri.

“Rumah sakit Atma Jaya menerapkan konsep one-stop services yang memudahkan pasien geriatric dalam mengakses berbagai layanan kesehatan dengan nyaman, termasuk bagi keluarga pasien," ujarnya.

Dengan konsep tersebut, maka lansia tidak perlu memeriksakan kesehatannya di beberapa poli jika mengalami masalah. Pasien lansia cukup datang ke satu tempat sehingga memudahkan mereka dalam menjalani pemeriksaaan dan pengobatan.

Baca juga : Sentra Medika Bangun Pusat Layanan Kanker di Cibinong

Fasilitas khusus yang berlokasi di lantai tiga itu menyediakan berbagai layanan di satu tempat, mulai dari layanan terapi sel, perawatan estetika, dan homecare yang memudahkan dalam mengakomodasi solusi bagi pasien.

Juga mengurangi perjalanan yang melelahkan bagi pasien lansia selama menjalani perawatan. Layanan one-stop services memungkinkan koordinasi lebih baik dan cepat berbagai tim medis dan profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien lansia.

CEO Atma Jaya Healthcare Edward menambahkan bahwa pusat layananan tersebut memainkan peran vital dalam mewujudkan pendekatan pengobatan holistik karena memperhatikan aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial dari kesehatan, dan mengintegrasikan berbagai metode pengobatan, mulai dari konvensional hingga terapi alternatif.

Layanan Atma Jaya Geriatrics & Wellness Center, katanya, menekankan pendekatan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, sehingga membantu pasien lansia menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif semenjak dini. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat