visitaaponce.com

Cak Imin Target Bauran EBT Turun, Pemerintah tak Serius soal Transisi Energi

Cak Imin: Target Bauran EBT Turun, Pemerintah tak Serius soal Transisi Energi
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar(MI/Susanto)

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai pemerintahan Joko Widodo tidak punya keseriusan dalam melakukan transisi energi. Itu tercermin dari keputusan pemerintah yang menurunkan target bauran energi baru dan terbarukan (EBT).

Dalam revisi Kebijakan Energi Nasional (KEN), pemerintah mengerek ke bawah target bauran EBT dari 23% menjadi 17% di 2025. Teranyar, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) capaian bauran EBT Indonesia sepanjang 2023 hanya sebesar 13,1%, di bawah target yang ditetapkan sebesar 17,9%.

"Dalam transisi ke EBT, sayangnya komitmen pemerintah hari ini tidak serius. Target EBT yang mestinya kita punya 23% di 2025, justru diturunkan menjadi 17%," ujar Cak Imin dalam debat kedua cawapres di Jakarta, Minggu (21/1).

Baca juga : Debat Cawapres, KPU Kaji Penambahan Durasi Closing Statement 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu kemudian menyinggung ketidakseriusan pemerintah dalam hal transisi energi juga terlihat dari penundaan implementasi pajak karbon, dari sebelumnya ditargetkan berjalan di 2022 kemudian diputuskan mundur ke 2025.

Cak Imin berpendapat seharusnya pelaksanaan pajak karbon yang dikenakan atas penggunaan bahan bakar fosil seperti bensin, avtur, gas, bisa dipercepat pemerintah.

"Apanya yang mau dilanjutkan (transisi energi), karena itu secara tegas harus dilakukan implementasi pajak karbon dengan cepatnya, sekaligus transisi EBT juga dijalankan," katanya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat