visitaaponce.com

Eni Joe Ingin Kaum Muda Ikut Lestarikan Wastra Indonesia

Eni Joe Ingin Kaum Muda Ikut Lestarikan Wastra Indonesia
Fashion Designer, Eni Joe, bersama kerabatnya mengenakan Cheongsam dari kain Endek Bali.(Ist)


FASHION Designer, Eni Joe, berkomitmen untuk mempromosikan Budaya Indonesia. Salah satunya dengan ikut melestarikan dan mendukung perkembangan Wastra Indonesia baik di kancah Nasional maupun Internasional.

Setelah sukses pada perayaan Imlek 2 tahun yang lalu dengan menggabungkan dua budaya, Chinese dan Indonesia, dengan menggunakan Batik Tulis  diolah menjadi tampilan design busana cheongsam yang  style dan megah. Pada perayaan Imlek tahun ini, Enijoe mengangkat wastra dari Bali yaitu, kain tenun Endek. Endek telah dikenal sejak abad ke-16.

Baca juga: Indonesia Now Siapkan Diri Tampil pada Ajang New York Fashion Week 2024

Baca juga : Bali Digifest 2023 Dorong Bali Jadi Pusat Digital Fashion di Asia

"Kalau biasanya cheongsam menggunakan kain polos lalu dengan bordir tetapi saya punya ide kenapa tidak kita menggunakan kain nusantara? Kita kolaborasi antara kain nusantara dari berbagai daerah dengan kebudayaan dari Tiongkok," ujar Eni Joe di Jakarta, Kamis (1/2).

Nama "Endek" diambil dari kata gendekan atau ngendek yang maknanya diam atau tetap, tidak berubah warnanya.

Di tahun yang baru menurut kalender Tiongkok ini, Enie ingin mengenalkan tenun endek kekayaan budaya Bali agar lebih dikenal. Selain itu, ia juga berharap apa yang dilakukannya ini bisa membantu melestarikan budaya Indonesia sekaligus membantu para pengrajin kain nusantara untuk tetap berkarya.

Baca juga : Sambut Tahun Baru Imlek, Charles & Keith Tampilkan Sentuhan Brocade Modern

"Saya lihat bagaimana mereka (pengrajin) membuat kain ini dengan tangan dan mereka sudah sangat tua. Kaum muda justru kurang tertarik dengan cara pembuatan tradisional seperti itu dianggapnya tidak menghasilkan uang. Maka itu saya mendesain ini sebab kain ini layak dijual," paparnya.

Penggunaan kain tenun endek untuk design gaun-gaun cheongsam yang mewah di acara kali ini memperlihatkan ‘versatility’ dari kekayaan budaya Bali ini dan dapat diadaptasi untuk berbagai jenis design pakaian tanpa batas. 

Salah satu pengusaha yang juga sahabat dari Eni Joe, Nova Hasan, mengaku sangat kagum dengan rancangan busana Eni Joe yang bertemakan cheongsam untuk merayakan Chinese New Year.

Baca juga : Gandeng Dokter Influencer Tiqasya, HijabChic Hadirkan Koleksi 'Aaarshiya'

"Menurut saya sangat elegan, ini merupakan karya anak bangsa Indonesia harus didukung," pungkasnya.  (Nov)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat