visitaaponce.com

Hari Pers Nasional untuk Edukasi Kesehatan Masyarakat

Hari Pers Nasional untuk Edukasi Kesehatan Masyarakat
Bakti sosial dan pemeriksaan kesehatan di Kulon Progo.(Dokpri)

HARI Pers yang diperingati setiap 9 Februari bisa menjadi hari untuk mengedukasi masyarakat. Ini karena salah satu peran pers ialah edukasi informasi, termasuk tentang kesehatan. Soalnya, banyak orang yang merasa sehat ternyata setelah diperiksa bermasalah.

Itu disampaikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo di sela kegiatan pemeriksaan kesehatan warga dalam Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis bekerja sama dengan Paguyuban Wartawan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (2/2). Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang Promosi dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana), dan Pencegahan Stunting.

Bila tidak ada baksos biasanya masyarakat datang memeriksakan diri di fasilitas kesehatan ketika sudah merasa tidak sehat. "Harusnya dengan baksos ini (masyarakat yang sakit) bisa teridentifikasi lebih cepat," tutur Hasto. 

Baca juga : Lebih dari 800 Sekolah Telah Bergabung dalam AIA Healthiest School

Ia pun menunjukkan hasil. "Tadi saya menunggu yang baru periksa saja. Baru saya menunggu ada satu sudah ketahuan bahwa ternyata Hb-nya cuma 8,9. Artinya, dia anemia. Setelah saya tanya, anaknya kembar. Dia kalau enggak KB, hamil lagi, anaknya pasti stunting," tambahnya.

Hasto mengatakan media massa punya peran strategis, tidak hanya untuk masyarakat, tetapi juga menggerakkan mitra untuk berkontribusi. Ia pun menekankan pentingnya berinovasi dan berkreativitas pada makanan untuk anak-anak, karena menjadi kunci dalam pemenuhan gizi seimbang mereka. "Penyajian makanan yang disukai oleh anak-anak penting sekali, termasuk kemasan yang disukai anak-anak. Itu kunci kalau menurut saya."

Sementara itu, Ketua Paguyuban Wartawan Kulon Progo, Asrul Sani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini merupakan satu rangkaian dengan acara peringatan Hari Pers Nasional 2024 yang puncak acara akan diselenggarakan Rabu (7/2/2024) di SMAN 1, Wates. Sebagai pembicara ialah Pj Bupati dan Kapitel DIY, serta dari KPU. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat