visitaaponce.com

Anies Baswedan Perbaikan Sistem Kesehatan Harus Dilakukan Lintas Sektor

Anies Baswedan: Perbaikan Sistem Kesehatan Harus Dilakukan Lintas Sektor
Anies Baswedan.(Dok Metro TV)

CALON presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengungkapkan bahwa untuk memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia perlu dilakukan secara lintas sektor. Menurut dia, saat ini masyarakat hanya diarahkan terlalu fokus pada hal-hal yang bersifat kuratif.

"Urusan kesehatan seakan menjadi urusan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan saja. Dan salah satu masalah utama banyak yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat,” kata Anies dalam debat capres kelima, Minggu (4/2).

Menurut dia, upaya promotif, preventif, dan kuratif harus berimbang. Ketiganya tentu dilakukan oleh lintas sektor. Hal itu pernah diterapkannya di Jakarta, saat ia menjabat sebagai gubernur.

Baca juga : Anies Baswedan Janji Berikan Layanan Kesehatan dengan Harga Terjangkau

Beberapa hal yang dijalankan Anies untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan lintas sektor di antaranya membangun air bersih di Kepulauan Seribu agar masyarakat mendapatkan akses air yang sehat, membangun taman, membangun jalur sepeda, hingga membangun trotoar.

"Jadi, unsurnya adalah lintas sektoral, supaya dana itu tidak hanya pada dinas kesehatan tetapi pada semua bidang yang terkait promotif preventif," pungkas Anies. (Z-2)

Baca juga : Haedar Nashir Harap Debat Capres Cawapres Lebih Substantif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat