visitaaponce.com

Bahas Isu Terkini, Lima Universitas Mitra Hadiri SEP ke-15 di UP

Bahas Isu Terkini, Lima Universitas Mitra Hadiri SEP ke-15 di UP
Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila Prof Eddy Pratomo.(UP)

FAKULTAS Hukum (FH) Universitas Pancasila (UP) kembali menjadi tuan rumah untuk menggelar Student Exchange Program (SEP) ke-15 di Kampus UP, Jakarta.

Pada acara yang berlangsung pada 16-24 Februari 2024 ini, sebanyak 45 mahasiswa hadir sebagai peserta. Mereka berasal dari lima universitas mitra yakni Universitas Malaya (Malaysia), Universiti Teknologi Mara (Malaysia), Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Warmadewa (Denpasar), dan Universitas Padjajaran (Bandung).

"SEP ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan atas isu-isu terkini dari sudut pandang multidisiplin sehingga bersatu dalam keberagaman," ungkap Dekan FH UP Prof Eddy Pratomo, di Jakarta, Senin (19/2).

Baca juga : Kisruh Pemilihan Dekan FKM Unsrat Manado Belum Tuntas

Karena itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan kunjungan akademik ke beberapa instansi, seperti Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Kejaksaan Agung, dan Komnas HAM.

Eddy menjelaskan pada SEP ke-15 ini, FH UP mengusung tema Embracing Diversity and Promoting Peace: The Path to Resolution in The Middle East Conflict.

"Harapannya, dari diskusi ini, mahasiswa memiliki pandangan hak-hak asasi manusia terhadap konflik Palestina-Israel," ujar Eddy.

Baca juga : Klinik Hukum Berperan dalam Penegakan Hak Asasi Manusia

Dia juga menambahkan hasil diskusi dalam SEP akan disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional serta Dirjen Asia Pasifik dan Afrika.

"Kami harap Kemenlu bisa menindaklanjuti dan mempertimbangkan hasil diskusi kami sebagai salah satu masukan dalam pengambilan keputusan pemerintah Indonesia menyikapi konflik Palestina-Israel," tutup Eddy. (S-2)

 

Baca juga : Palestina dan Titik Buta-Tuli Dunia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat