visitaaponce.com

Mahasiswa Asing PresUniv Berkontribusi Datangkan Devisa US40 Juta Per Tahun

Mahasiswa Asing PresUniv Berkontribusi Datangkan Devisa US$40 Juta Per Tahun
Sedikitnya 1.000 mahasiswa asing dari berbagai negara menuntut ilmu di President University, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.(PresUniv)

PRESIDENT University (PresUniv) menjadi salah satu kampus swasta di bagian utara Jakarta yang semakin diminati mahasiswa asing.

Sedikitnya 1.000 mahasiswa asing dari berbagai negara menuntut ilmu di kampus yang terletak di kota mandiri hijau Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, tersebut.

"Dengan jumlah mahasiswa asing sekitar 1.000 orang, diperkirakan bisa mendatangkan devisa US$40 juta per tahun," ungkap Ketua Dewan Wali Amanah Fakultas Kedokteran PresUniv Prof Satyanegara, dalam keterangannya, hari ini.

Baca juga : Rektor Unkris Ajak Mahasiswa Baru Ikuti Jejak Alumni yang Jadi Tokoh Nasional

Ia menjelaskan sebagian mahasiswa asing yakni para ekspatriat yang berkarier pada perusahaan-perusahaan di Cikarang dan Karawang dengan memanfaatkan kelas malam.

Bukan hanya itu, kata dia, PresUniv pun memiliki banyak tenaga pengajar atau dosen asing. Ini bertujuan agar kualitas pendidikan di PresUniv tidak kalah dengan kampus-kampus luar negeri.

Ia melanjutkan selain mahasiswa dan dosen asing, PresUniv diminati periset muda dari luar negeri. Mereka melakukan berbagai riset di President Research Center yang dikembangkan President University.

Baca juga : Universitas BSI Jadikan Ormik sebagai Bekal Mahasiswa Raih Prestasi

Menurutnya, banyak pihak berkolaborasi dengan peneliti dari luar negeri yang berambisi memperoleh Nobel Prize di bidang bioteknologi.

"President Reseach Center ini bekerja sama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan lembaga riset Eijkman. Keberadaannya banyak menarik researchers muda dari berbagai negara," ungkap Satyanegara.

Sementara itu, Prof Budi Susilo Soepandji, Pimpinan Yayasan PresUniv yang juga mantan Gubernur Lemhannas mengatakan daya tarik mahasiswa asing kuliah di PresUniv ialah bahasa pengantar perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris 100%.

Baca juga : Mahasiswa Sastra Inggris Binus Gelar Live Drama 'Hunter' di Kampus, Jakarta

Keunggulan lainnya, mahasiswa diberikan pendidikan praktik kerja atau knowledge base dan practical training pada perusahaan-perusahan multi national company (MNC) di kawasan industri Jababeka Cikarang.

"Kini alumni PresUniv mencapai 20 ribu orang tersebar di seluruh dunia menduduki berbagai posisi penting di MNC dan pemerintahan," ujar Budi.

Rektor President University Handa Abidin mengatakan mahasiswa PresUniv dididik menjadi seorang ahli berbahasa Inggris, inovatif, researcher serta memiliki karakter dan budi pekerti yang baik.

Baca juga : Layani Pelajar Indonesia, IIEF Membuka TOEFL® Lounge Pertama

Terlebih, PresUniv memberikan pelajaran bahasa asing selama 6 semester kepada mahasiswa asal Indonesia dan bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing. Sehingga, kuliah dijalankan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

"Kampus PresUniv dikelilingi 2.000 perusahaan MNC dari 34 negara. Kami menjamin ketersediaan praktik kerja magang bagi mahasiswa," ujarnya.

Adapun untuk tempat tinggal, mahasiswa PresUniv mendapat hunian mewah setara hotel bintang empat. "Ini juga jadi salah satu alasan mahasiswa asing nyaman kuliah di PresUniv," pungkas Handa. (S-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat