visitaaponce.com

4 Orang Timses Caleg Dirujuk ke Ahli usai Pemeriksaan Kejiwaan

4 Orang Timses Caleg Dirujuk ke Ahli usai Pemeriksaan Kejiwaan
Ilustrasi(AFP)

KEPALA Seksi Pelayanan Medis RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Ngabila Salama mengatakan dari 12 orang timses caleg yang hadir pada pemeriksaan kejiwaan dan tingkat stres massal gratis, ada empat orang yang harus dirujuk untuk melanjutkan konsultasi ke ahli kejiwaan.

Mereka harus dirujuk lantaran memiliki tingkat stres yang cukup tinggi sehingga memerlukan penanganan yang lebih intensif.

Sebelumnya, RSUD Tamansari melakukan pemeriksaan kejiwaan dan stres bagi masyarakat umum, timses maupun caleg usai Pemilu. Program itu diadakan untuk mengantisipasi penyakit mental akibat gagal dalam pesta demokrasi tersebut.  Pemeriksaan kejiwaan itu digelar secara gratis di RSUD Tamansari pada 20 Februari lalu.

Baca juga : Ini Tips Mengatasi Kekecewaaan Bagi Caleg yang Gagal di Pemilu 2024

"Pendaftaran dapat dilakukan secara daring dapat diakses di aplikasi JAKI atau Jaksehat dengan mengisi formulir skrining e-jiwa dan akan dilanjutkan konsultasi chat online gratis dengan psikolog klinis yang disediakan Dinkes DKI Jakarta melalui menu Sahabat Jiwa," kata Ngabila, Selasa (27/2).

Untuk konsultasi daring yang berbayar dapat dilakukan via zoom berdurasi 15 menit dengan psikiater RSUD Tamansari dengan mendaftar di 085892481576. Tarif konsultasi layanan berbayar itu hanya Rp60 ribu.

"Layanan ini tidak memberikan obat-obatan, hanya konseling. Jika membutuhkan konsultasi langsung atau resep obat kami akan anjurkan datang ke RSUD Tamansari," ungkap Ngabila.

Sementara itu, untuk layanan konsultasi langsung gratis, Ngabila mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada pasien untuk datang ke 25 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta yang sudah memiliki psikolog klinis atau bisa jadi dari puskesmas akan memberi rujukan BPJS untuk berobat ke RS yang memiliki psikiater.

Selain itu RSUD Tmansari juga memiliki layanan tes kesehatan rohani lewat daring untuk pengerjaan tes MMPI dilanjutkan refleksi diri dan wawancara dengan psikiater via zoom untuk kebutuhan pemeriksaan medis umum atau deteksi dini gangguan jiwa. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat