visitaaponce.com

Amalkan Salah Satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, PPI Dunia Mengabdi Jangkau Desa Simangambat, Mandailing Natal, Sumut

Amalkan Salah Satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, PPI Dunia Mengabdi Jangkau Desa Simangambat, Mandailing Natal, Sumut
(IST)

KOMITMEN Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI) Dunia untuk berkontribusi dalam pembangunan Tanah Air terus diwujudkan dalam kegiatan bertajuk PPI Dunia (PPID) Mengabdi 2024. Pemberdayaan desa menjadi spirit para pelajar Indonesia dari berbagai negara melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Adapun tujuan kegiatan PPID Mengabdi adalah sebagai wadah para pelajar Indonesia di luar negeri untuk lebih peduli dengan sesama dan mengambil peran nyata dalam mengamalkan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Sasaran kegiatan tahun ini adalah pelajar SD dan Madrasah, masyarakat umum desa, UMKM, BUMDes, dan lingkungan hidup desa. Kegiatan ini berlangsung sejak 18 Februari sampai 21 Februari 2024.

Pada hari pertama, pembukaan PPID Mengabdi 2024 dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Sahnan Pasaribu, Koordinator PPI Dunia Hamzah Lubis, Camat Tambangan, Kepala Desa Simangambat, dan panitia serta masyarakat setempat.

Baca juga : 34.377 Bikers Honda Tumplek di HBD 2023

”Harapan besar kami kegiatan PPI Dunia Mengabdi juga dihadiri oleh Wakil Bupati Madina yang pernah menjadi Diaspora Indonesia di Australia untuk memberikan support dan perhatian kepada pelajar Indonesia di luar negeri yang hadir dengan biaya dan usaha sendiri,” ungkap Direktur Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat PPI Dunia Andika Ibrahim Nasution.

Tarian adat Bujing-Bujing khas Panyabungan ditampilkan dalam acara pembukaan dan dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan pada malam harinya. 

Hari kedua, diadakan pelayanan cek kesehatan gratis bagi warga desa, kegiatan belajar bersama di Desa Simangambat, pengajaran bahasa Arab di Madrasah Dinniyah Awwaliyyah, serta aksi bersih lingkungan dan olahraga bersama. Dilanjut di hari ketiga, Talkshow di Pesantren Roihanul Jannah, dan Diskusi bersama para petani kopi lopo Mandailing. 

Baca juga : Wuling Bersama Komunitas Rayakan Hari Gerakan Satu Juta Pohon

”Melalui kegiatan yang berfokus kepada pendidikan, kesehatan, peduli lingkungan serta kewirausahaan, kami berharap seluruh masyarakat bisa menularkan hal positif dan menciptakan lingkungan yang baik,” ujar Koordinator PPI Dunia Hamzah Lubis.

Kegiatan ini ditutup pada Rabu (21/2), dengan penampilan flashmob, bersih lingkungan, dan pembagian susu dan buah untuk balita di Desa Simangambat, berkolaborasi dengan Komisi Kesehatan, Direktorat Penelitian dan Kajian PPI Dunia, serta pembagian tas dan buku tulis kepada para pelajar Sekolah Dasar setempat.

”Kami berharap kegiatan PPI Dunia Mengabdi bisa terus berkelanjutan di Desa Simangambat dan meluas di seluruh perdesaan di Indonesia agar seluruh masyarakat Indonesia bisa lebih peduli terhadap perkembangan desa,” tutur Kepala Desa Simangambat Ahmad Rasyid. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat