visitaaponce.com

F1Powerboat Jadi Mercusuar Sports Tourism di Danau Toba

AJANG balap perahu supercepat F1Powerboat akan kembali dihelat di danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba, 2-3 Maret 2024.

Ini kali kedua F1Powerboat dilangsungkan di Danau Toba setelah sukses digelar pertama kali tahun lalu. Event ini makin memperkuat pengembangan sports tourism di salah satu destinasi pariwisata superprioritas tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyatakan Indonesia sudah siap menggelar perhelatan dunia F1Powerboat kedua kalinya. Bahkan, pemerintah menyiapkan side event Kejuaraan Nasional Aquabike yang akan diikuti 26 pembalap nasional.

Baca juga : Ketersediaan Public View Jadikan F1 Powerboat Ajang Inklusif

“Saya harap ini bisa menjadi mercusuar untuk event sports entertainment dan sports tourism kelas dunia bagi Indonesia. Dan nantinya bisa berdampak lebih luas lagi untuk olahraga air,” ujar Dito dalam konferensi pers secara virtual, kemarin.

Ia mengatakan tahun ini pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah bersepakat dengan H2O Racing, promotor F1Powerboat untuk membuat akademi Aquabike dan Powerboat di Balige, Toba.

“Nanti kita harap sebelum 2027 sudah ada pembalap F1Powerboat asal Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga : F1 Powerboat Momentum Perkenalkan Pariwisata Danau Toba

Pada kesempatan sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menyampaikan event seperti sports tourism ialah salah satu strategi untuk bisa terus mengakselerasi pembangunan, promosi, dan peningkatan destinasi wisata khususnya superprioritas.

“Sports tourism event dengan skala besar seperti F1Powerboat sudah terbukti, seperti banyak gelaran lain menjadi pemantik pengembangan infrastruktur di berbagai destinasi, serta alat promosi paling ampuh untuk meningkatkan citra sebuah destinasi menjadi lebih positif dan berdampak ekonomi yang langsung dirasakan masyarakat,” paparnya.

Menurut data BPS, tahun lalu saat F1Powerboat, kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatra Utara mencapai 197.115 kunjungan, naik lebih dari 220% dari tahun sebelumnya. “Artinya, pemulihan pascapandemi luar biasa sekali, salah satu pendorongnya event-event,” kata Angela.

Baca juga : F1 Powerboat Jadi Mercusuar Sport Tourism di Danau Toba

Kesiapan hampir 100%

Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney sebagai penyelenggara menyatakan kesiapan balapan F1Powerboat yang sudah hampir 100%.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menyebut para pembalap mulai berdatangan dari dua hari lalu. Adapun logistik yang mencapai 100 ton sudah mulai berdatangan dari tiga hari lalu di Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara.

Baca juga : Pemkab Toba Gelar Apel Siaga Pengamanan F1 Powerboat F1H20

Tahun lalu, lanjutnya, per­gerakan pengunjung F1Powerboat mencapai 60 ribu dalam 2 hari. Maya mengatakan tahun ini angka itu diperkirakan terlampaui.

“Karena awereness event sebelumnya sudah lebih meningkat. Tahun lalu dampak ekonomi F1Powerboat di Danau Toba mencapai Rp1,68 triliun. Tahun ini pastinya ingin lebih dari itu,” jelasnya.

F1Powerboat 2024 Danau Toba akan diikuti 18 pembalap internasional dari lebih 10 negara. Balapan ini juga akan disiarkan ke seluruh dunia dan akan disaksikan sekitar 180 juta pemirsa dalam dan luar negeri.

Direktur Jenderal Komunikasi dan Informatika Kemenko­minfo Usman Kansong menyebut ajang ini akan menyedot perhatian kalangan muda, khususnya penggemar olahraga balap.

“Ini saya kira sesuatu yang menarik bagi mereka yang berusia 25-45 tahun. Mereka adalah para peminat motor sport, traveler, penyuka water race, serta masyarakat lokal, nasional, hingga masyarakat dunia,” kata Usman. (Ifa/S-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat