visitaaponce.com

Google Doodle Ikut Peringati Hari Perempuan Internasional

Google Doodle Ikut Peringati Hari Perempuan Internasional
Google Doodle hari ini untuk merayakan Hari Perempuan Internasional(doodles.google)

GOOGLE Doodle ikut merayakan perayaan Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada hari ini, Jumat (8/3).

Lewat Doodle yang tampil di halaman depan, Google menampilkan menampilkan karakter perempuan lintas usia dan lintas ras. Ketiganya terlihat menggunakan selimut yang tepinya membentuk huruf O kedua dari kata Google.

Selain itu, huruf O pertama dari kata Google menampilkan simbol universal untuk perempuan.

Baca juga : Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2023

Hari Perempuan Internasional diadakan untuk merayakan pencapaian sosial, budaya, ekonomi, dan politik perempuan di seluruh dunia. Hari ini juga merupakan sebuah momen untuk memperingati perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. 

Peringatan Hari Perempuan Internasional, berawal dari perjuangan melawan penindasan yang terjadi pada kaum hawa, hingga awal abad ke-20. 

Selain itu, adanya perayaan ini juga bermula dari keresahan perdebatan kritis di kalangan perempuan dan timbul gerakan kolektif yang dipromotori perempuan di berbagai negara untuk menyuarakan perubahan terutama menyangkut kesejahteraan perempuan. 

Baca juga : Google Doodle: Loncatan Tahun Kabisat 

Hari Perempuan Internasional, pertama kali diadakan pada Maret 1911 dan persetujuan adanya peringatan Hari Perempuan Internasional disepakati di Kopenhagen, Denmark. 

Lebih dari 1 juta orang, termasuk perempuan dan laki-laki yang hadir dalam rapat umum itu menyuarakan hak-hak perempuan untuk bekerja, memilih, dilatih, mengakhiri deskriminasi, dan memegang jabatan publik. 

Sedangkan proses pengamatannya dilakukan pada 1900-an saat dunia sedang mengalami ekspansi dan turbelensi besar-besaran di dunia industri.

Baca juga : AIA Vitality Women’s 10K Hadir Kembali dengan ‘Playground’ Baru di Solo

Gloria Steinem, seorang Feminis, Jurnalis dan Aktivis ternama di dunia pernah mengatakan bahwa kisah perjuangan perempuan untuk kesetaraan bukanlah milik seorang feminis atau organisasi manapun, melainkan milik upaya kolektif semua orang yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia.

Tema Hari Perempuan Internasional 2024 adalah Inspire Inclusion dengan harapan Hari Perempuan Internasional dapat menginspirasi orang lain untuk memahami dan menghargai inklusi perempuan dan menciptakan dunia lebih baik. 

Inspire inclusion bisa dilakukan melalui tindakan di berbagai bidang, seperti mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan, mendukung prempuan dan anak perempuan dalam kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan bisnis, merancang dan membangun infrastruktur yang dapat memenuhi kebutuhan peerempuan dan anak perempuan, serta memberikan perempuan dan anak perempuan akses terhadap pelatihan dan pendidikan berkualitas.

Baca juga : Kapal Pinisi Menjadi tema Google Doole Indonesia

Pada Hari Perempuan Internasional tahun ini, PBB juga mengungsung tema "Invest in Women. Accelerate Progress" yang berarti dengan berinvestasi pada perempuan sama dengan mempercepat kemajuan dan pencapaian kesetaraan gender. 

Selain itu, diharapkan adanya pemberdayaan terhadap semua perempuan dan anak perempuan dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan institusi. 

Perayaan Hari Perempuan Internasional memiliki berbagai makna, termasuk merayakan pencapaian perempuan, mendidik dan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan, serta mengajak untuk mempercepat kesetaraan gender. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat