visitaaponce.com

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2023

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2023
Google doodle Hari Perempuan Internasional 2023.(GOOGLE)

HARI ini, Rabu (8/3), Google menampilkan doodle spesial yang dimaksudkan sebagai peringatan Hari Perempuan Internasional 2023.

Dalam doodle itu termuat kartun sejumlah perempuan yang melakukan beberapa kegiatan. Mulai dari seorang perempuan yang tengah berpidato, ada yang menyusui anaknya, melakukan unjuk rasa, dan bertugas sebagai dokter.

Jika doodle itu diklik, nantinya akan tersaji berbagai informasi mengenai Hari Perempuan Internasional 2023 dan sejumlah berita terkait.

Berdasarkan informasi di situs Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Hari Perempuan Internasional di berbagai wilayah di dunia awalnya diperingati pada tanggal yang berbeda. Mulanya di Amerika Serikat (1909) diperingati pada 28 Februari. Kemudian di Eropa pada 19 Maret 1911.

Baca juga: 8 Maret Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarah, Fakta, Tema Tahun 2023

Baru lah setelah Perang Dunia II, beberapa negara serempak merayakannya pada 8 Maret. Pada 1975 PBB mulai menetapkan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada Desember 1977, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang memproklamirkan Hari PBB untuk Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional untuk diperingati setiap hari dalam setahun oleh setiap negara anggotanya.

Baca juga: Inilah Dua Perempuan Tangguh Menginspirasi Hari Perempuan Internasional

"Sejak saat itu, PBB dan badan-badannya telah bekerja tanpa lelah untuk mengamankan kesetaraan gender di seluruh dunia dengan hasil yang luar biasa tercapai, yakni Deklarasi dan Landasan Aksi Beijing pada 1995 yang ditandatangani oleh 189 pemerintah dan fokus ke 12 bidang penting serta target kesetaraan gender di Agenda Berkelanjutan 2030," kata PBB.

Adapun doodle Google biasanya muncul di setiap perayaan, seperti Hari Ulang Tahun Indonesia, Halloween, dan hari raya keagaaman. Google mengatakan telah membuat 5.000 doodle sejak 2000. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat