visitaaponce.com

Google Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel

Google Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel
Google Doodle menapilkan Aminah Cendrakasih dalam lakon Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan.(Tangkapan layar Google)

Hari ini, Senin (29/1/2024), Google Doodle memperingati hari lahir Siti Aminah Cendrakasih, ikon hiburan Indonesia yang tenar melalui karakter Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan. Doodle menampilkan gambar Aminah Cendrakasih lengkap dengan kerudung khas warna putihnya dan kebaya oren.

Dalam ilustrasi tersebut, terdapat gambar televisi jadul yang mencerminkan era Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997). Selain peranannya dalam serial tersebut, Aminah Cendrakasih juga terlibat dalam beberapa sinetron dan film layar lebar Tanah Air.

Aminah Cendrakasih, yang sudah memerani lebih dari 100 peran dari tahun 1955 hingga 1989, adalah salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara. Dia lahir pada 1938 di Magelang, Jawa Tengah, dan merupakan putri dari pasangan pelawak Husin Nagib dan artis Wolly Sutinah.

Aktris kelahiran Magelang, Jawa Tengah, itu sempat menghilang setelah perannya dalam Habis Gelap Terbitlah Terang pada 1959. Namun, Aminah kembali ke dunia hiburan pada tahun 1970 melalui beberapa serial televisi.

Baca juga: The Beekeeper Puncaki Box Office

Pada tahun 1970, namanya muncul kembali ketika ia turut bermain dalam beberapa sandiwara TV, dan pada 1971 kembali tampil dalam film. Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan.

Puncaknya, nama Aminah betul-betul meroket saat memerankan Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan, yang disutradarai dan juga merangkap sebagai produser dan pemain oleh Rano Karno.

Ketenaran dan keahliannya dalam memerankan lakon tersebut membawanya meraih dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Baca juga: Dua Aktris Berebut Peran Supergirl dalam Film Superman: Legacy

Kabar duka kemudian menyelimuti industri hiburan Tanah Air ketika Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022. Ia memang telah pergi, namun warisannya sebagai salah satu ikon hiburan Indonesia tetap dikenang. Google Doodle hari ini adalah bentuk penghormatan atas kontribusinya yang besar dalam perfilman dan pertelevisian Indonesia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat