visitaaponce.com

KLHK terus Realisasi Penanaman Pohon Serentak di Indonesia

KLHK terus Realisasi Penanaman Pohon Serentak di Indonesia
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bersama seluruh elemen bangsa melakukan penanaman pohon serentak di Riau.(KLHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melanjutkan rangkaian kegiatan Penanaman Pohon Secara Serentak di Seluruh Indonesia hari ini, kamis (14/3). Penanaman dilakukan di Mangrove Education Center Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, dan Senior Fellow Bezos Earth Foundation UK, Lord Goldsmith, menanam mangrove bersama para jajaran KLHK, jajaran pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat serta dunia usaha. Kegiatan penanaman pohon serentak itu merupakan kali keempat di sepanjang musim hujan periode ini, sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan tahun 2024 yang ke-41 yang diperingati setiap tanggal 16 Maret.

“Pada kesempatan Hari Bhakti Rimbawan ke-41 ini, saya mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran dan kegiatan nyata di tingkat tapak secara masif dan terukur," ujar Siti melalui keterangan resmi.

Baca juga :  Gerakan Penanaman Serentak, Menteri Siti : Menangani Alam Butuh Kerja Nyata

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa komitmen dalam menjaga lingkungan yang selalu disampaikan pada berbagai forum global/multilateral akan selalu diimplementasikan dalam wujud nyata.

"Indonesia memandang sangat penting untuk memastikan bahwa komitmen-komitmen tersebut dipenuhi melalui kebijakan dan aksi-aksi nyata, untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, salah satunya dengan menanam dan memelihara pohon sebanyak mungkin," tuturnya.

Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, dalam sambutannya menyatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus giat melakukan penanaman pohon baik secara sektoral maupun dengan melibatkan berbagai komponen daerah.

Baca juga : Kementerian LHK Tanam Pohon Serentak di Seluruh Indonesia

“Kami bersama masyarakat siap bersinergi dan mendukung program penanaman pohon yang telah dan terus digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Sebagai langkah nyata kita bersama untuk mengatasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup maupun percepatan rehabilitasi hutan dan lahan,” ucap Bagus.

Penanaman serentak itu adalah bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan, serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat umum atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon.

Indonesia sebagai pemilik hutan tropis terbesar ketiga di dunia, mempunyai peran penting dalam upaya pengendalian iklim global. Hutan merupakan salah satu kunci untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, mendinginkan udara dan melindungi kita dari kekeringan, panas ekstrem, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati, atau yang biasa disebut triple planetary crisis. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat