visitaaponce.com

Pemerintah Kembangkan Program Agar Masyarakat Bisa Akses Dana BPDLH

Pemerintah Kembangkan Program Agar Masyarakat Bisa Akses Dana BPDLH
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya (kanan)(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

MASYARAKAT yang melakukan aksi lingkungan akan diperkenankan untuk akses pendanaan dari Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Hal itu diungkapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Kita bersama BPDLH sedang mengembangkan program yang lebih partisipatif nanti pada Agustus di Festival Like yang kedua akan dilaunch bagaimana akses pendanaan untuk dana LH yang bisa memberikan fasilitasi kepada masyarakat untuk melakukan aksi lingkungan," kata Siti di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (2/6).

Saat ini, kata dia, dana yang dikelola BPDLH ada sebanyak Rp1,2 triliun. Nantinya, kegiatan-kegiatan masyarakat terkait dengan aksi penyelamatan lingkungan yang membutuhkan dana sebesar US$ 1.000 hingga US$50 ribu bisa mengakses pendanaan tersebut.

"Misal, ada anak-anak sekolah mau nanam pohon, misal butuh dananya berapa, itu dia bisa aplikasi pakai toolsnya BPDLH aja. Kita lihat menu-menunya, nanti bulan Agustus akan di-launch," ucap dia.

Seperti diketaui, BPDLH merupakan badan yang menghimpun pendanaan perlindungan lingkungan serta penyalurannya. Pendanaan di BPDLH ini bersumber baik dari dana publik dan swasta di dalam negeri maupun di luar negeri termasuk dukungan bilateral, lembaga internasional, swasta, maupun filantropi. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat