visitaaponce.com

Peringatan BMKG Tetapkan 12 Provinsi Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem

Peringatan! BMKG Tetapkan 12 Provinsi Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem
Ilustrasi(Antara)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan 12 provinsi di Indonesia berstatus siaga dan waspada lantaran berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Melalui laman resminya, BMKG menyebutkan daerah yang berstatus siaga meliputi, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Tengah.

Adapun, daerah yang berstatus waspada antara lain Lampung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Baca juga : BMKG Kembali Ingatkan Ancaman Cuaca Ekstrem di Jateng

Di luar itu, BMKG juga memprediksi, pada 15 Maret-16 Maret 2024, sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan. Itu terjadi karena adanya intervensi tiga Bibit Siklon Tropis sekaligus.

Tiga bibit siklon tropis yang meliputi 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat