visitaaponce.com

BMKG Gempa Susulan di Bawean Mencapai 299 Kali

BMKG: Gempa Susulan di Bawean Mencapai 299 Kali
EVAKUASI PASIEN: Pihak RS Airlangga mengevakuasi pasien setelah gempa susulan yang berpusat 130 km timur laut Tuban berdampak di Surabaya(ANTARA/ Didik Suhartono)

HINGGA Minggu (24/3) pukul 06.00 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sebanyak 229 kali gempa susulan yang terjadi di Bawean, Jawa Timur.

"Fekuensi kejadian semakin jarang, jika pada Jumat (22/3) dalam satu jam bisa mencapai 19 kali gempa, data terkini menunjukkan 1 jam hanya 1 gempa. Semoga kondisinya segera stabil dan aman kembali," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Minggu (24/3).

Adapun, jumlah warga terdampak gempa itu terus bertambah. Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB hingga Sabtu (23/3) pukul 14.00 WIB, tercatat 2.495 kepala keluarga (KK) yang tersebar di beberapa wilayah Provinsi Jawa Timur terdampak Rinciannya 2.473 KK di Kabupaten Gresik, 12 KK di Kabupaten Tuban, enam KK di Kabupaten Lamongan, dua KK di Kota Surabaya, satu KK di Kabupaen Pamekasan, dan satu KK di Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga : Gempa Bumi M 6.3 Donggala, Sebanyak 3.780 Warga Mengungsi

"Terdapat satu kepala kelurga di Kabupaten Tuban mengungsi ke rumah kerabat dikarenakan rumahnya terdampak gempa, satu orang warga Kabupaten Gresik dan satu orang warga Kota Surabaya mengalami luka ringan akibat tertimpa material rumah," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Kerusakan infrastruktur bertambah cukup signifikan di wilayah Kabupaten Gresik, kini 304 unit rumah warga mengalami kerusakan berat, 835 unit rusak sedang dan 1.334 unit  rusak ringan. Sebanyak 11 unit fasilitas pendidikan rusak sedang dan 39 unit fasilitas pendidikan lainnya rusak ringan.

Tujuh unit fasilitas ibadah rusak berat, delapan unit fasilitas ibadah lainnya rusak sedang dan 72 unit fasilitas ibadah kondisinya rusak ringan. Delapan dedung perkantoran turut rusak akibat gempa ini

Sejumlah kerusakan juga terjadi wilayah Kabupaten Tuban, empat unit rumah alami rusak berat, delapan unit rumah rusak ringan, dua kandang milik warga rubuh, satu klenteng dan SDN Mandoka alami kerusakan ringan, serta satu Balai Desa alami rusak berat. (H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat