visitaaponce.com

BPJamsostek Jadi Satu-satunya Perwakilan Indonesia Juarai AIRA 2023

BPJamsostek Jadi Satu-satunya Perwakilan Indonesia Juarai AIRA 2023 
Petugas BPJS Ketenagakerjaan melayani warga di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (12/1/2023).(ANTARA/NOVA WAHYUDI )

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kembali mencatatkan prestasi di level internasional usai memperoleh Silver Award pada kategori Public Sector dalam ajang 9th Asia Integrated Reporting Awards (AIRA) 2023. Capaian ini menjadi sangat spesial bagi BPJamsostek karena merupakan satu-satunya institusi asal Indonesia yang menjuarai kompetisi bergengsi tersebut. 

Direktur Keuangan BPJamsostek, Asep Rahmat Suwandha, menuturkan BPJamsostek senantiasa berkomitmen dan konsisten dalam menerapkan prinsip environment, social, and governance (ESG) dalam setiap proses bisnisnya. Menurutnya, hal ini menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi menjadi jaminan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan, dan menyejahterakan seluruh pekerja indonesia. 

“Suatu kebanggaan bagi BPJamsostek bisa mengharumkan nama Indonesia dengan meraih penghargaan ini. Kami berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam setiap proses bisnis. Sebagai badan hukum publik yang mengelola dana amanah milik para pekerja, wajib bagi kami untuk selalu mengedepankan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas dan keterbukaan informasi. Seluruh proses bisnis dan kinerja badan kami jabarkan secara komprehensif di dalam Laporan Tahunan Terintegrasi,” ujar Asep. 

Baca juga : Laksanakan Carbon Project, Pertamina Foundation Raih 4 Penghargaan

Lebih lanjut Asep mengatakan, program jaminan sosial ketenagakerjaan sejatinya telah selaras dengan tujuan inisiatif SDGs, yakni mengurangi kemiskinan, menjamin dan meningkatkan kesejahteraan penduduk, mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, serta ketersediaan lapangan kerja yang layak. 
Oleh karena itu menjadi sebuah keharusan bagi BPJamsostek untuk memastikan seluruh pekerja terlindungi sehingga mereka bisa Kerja Keras Bebas Cemas yang nantinya akan berujung pada keberlanjutan ekonomi bangsa. 

“Tak hanya jadi prestasi semata, penghargaan ini menjadi sebuah pengakuan akan komitmen kami untuk terus konsisten mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia dengan standar pelaporan terintegrasi global yang transparan,” imbuhnya. 

Sementara itu pendiri AIRA dan Managing Director CSRWorks Rajesh Chhabara mengatakan, AIRA Awards diberikan kepada institusi yang memiliki komitmen tinggi dalam mempublikasikan laporan kinerjanya kepada publik. Selanjutnya laporan tersebut juga harus melalui penilaian serta evaluasi berlapis dari juri independen yang berkompeten di bidangnya. 

Baca juga : Bayer Indonesia Kembali Raih Sustainable Business Awards (SBA) Indonesia

Antusiasme peserta cukup tinggi di mana AIRA tahun ini tercatat diikuti oleh sejumlah perusahaan, organisasi, dan institusi ternama dari 14 negara di Asia. 

Secara khusus pihaknya menilai bahwa Laporan Tahunan Terintegrasi BPJamsostek telah berhasil menyuguhkan seluruh informasi penting, yang menjadi dasar dalam setiap pengambilan keputusan dengan memperhatikan tata kelola yang baik (good governance), strategi dalam mencapai kinerja badan, serta prospek pengembahan di masa depan. 

“Dalam laporannya BPJamsostek telah menetapkan sebuah standar sebagai tolak ukur dalam integrated reporting. Selain itu BPJamsostek juga memberikan contoh kepemimpinan yang senantiasa mengadopsi konsep integrated thinking dan framework (kerangka berpikir) yang berdasarkan modal-modal penciptaan nilai,” pungkas Rajesh. 

Baca juga : Sentul City Sabet Penghargaan di Ajang Living Legend Companies Award 2024

Pada kesempatan lain, Kepala Kantor Cabang Jakarta Gambir Mias Muchtar menyampaikan BPJamsostek dalam mewujudkan visinya menjadi jaminan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan dan menyejahterakan seluruh pekerja indonesia terus melakukan inovasi dan strategi dalam meningkatkan universal coverage perlindungan jaminan sosial kepada masyarakat Indonesia. 

“Komitmen BPJamsostek melalui strategi dalam proses bisnisnya untuk pencapaian kinerja badan dan prospek pengembangan di masa depan dilaksanakan secara konsisten dengan melakukan tata kelola yang baik (good gevernance) dengan bertujuan untuk peningkatan pemberian perlindungan jaminan sosial melalui akuisisi peningkatan peserta aktif dan peningkatan pemberian manfaat program kepada peserta,” kata Mias. 

Penghargaan yang diberikan AIRA kepada BPJamsostek, kata Mias, menjadi bukti bahwa kinerja BPJamsostek telah mendapat pengakuan dengan secara konsisten terus mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 

“Penghargaan AIRA ini diberikan dengan harapan kedepannya menjadi barometer peningkatan kepesertaan dan peningkatan pelayanan kepada tenaga kerja sehingga akan menimbulkan rasa percaya (trust) dan loyal untuk menjadi peserta program jaminan sosial,” pungkas Mias.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat