visitaaponce.com

Hingga Hari ini, BMKG Catat Masih Ada Gempa Susulan di Bawean

Hingga Hari ini, BMKG Catat Masih Ada Gempa Susulan di Bawean
Ilustrasi: warga melintas di dekat Masjid Jamik Al Muhajirin yang sebangian bangunannya roboh akibat gempa di Pulau Bawean(Antara)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih mencatat adanya gempa bumi susulan yang terjadi di wilayah sekitar Pulau Bawean, Jawa Timur hingga Hari ini, Rabu (3/4). Teranyar, gempa susulan terjadi pada hari ini pukul 16.02.16 WIB dengan kekuatan 5,2 magnitudo.

“Hingga hari Rabu 3 April 2024 pukul 16.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 454 aktivitas gempa bumi,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Rabu (3/4).

Ia menyatakan, gempa bumi tersebut merupakan bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa berkekuatan 6,0 magnitudo yang terjadi pada Jumat (22/3). Menurut dia, gempa tersebut berlokasi dilaut pada jarak 120 kilometer arah timur Laut Tuban, Jawa Timur, pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga : Gempa di Laut Jawa Hingga Magnitudo 6,5 Disebut BMKG Sebagai Kejadian Luar Biasa

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Laut Jawa,” ucap dia.

Adapun, gempa yang terjadi hari ini berdampak dan dirasakan di daerah Bawean, Surabaya, Tuban, Gresik, Bojonegoro, Blora dan Kendal. Selain itu terara pula di daerah Banjar. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Daryono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Masyarakat juga diimbau untuk memeriksa dan memastikan bangunan agar cukup tahan gempa maupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” pungkas dia. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat