visitaaponce.com

Osteoporosis juga Bisa Terjadi pada Remaja, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Osteoporosis juga Bisa Terjadi pada Remaja, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi osteoporosis pada remaja.(Dok. Freepik)

OSTEOPOROSIS dapat diartikan sebagai penyakit tulang sistemik yang dapat dilihat dari kepadatan tulang yang menurun. Selama ini, osteoporosis lebih diketahui sebagai penyakit yang menyerang usia lanjut, tetapi ternyata penyakit ini juga bisa terjadi di usia muda dan remaja.

Kondisi osteoporosis menyebabkan tulang menjadi rapuh dan menimbulkan risiko patah tulang yang tinggi. Bahayanya, tidak ada gejala osteoporosis yang spesifik, hingga sering kali pasien menyepelekannya, seperti nyeri tulang dan otot yang umumnya terjadi pada punggung.

Tak banyak yang tahu, osteoporosis tidak mengenal umur. Penyakit ini bukan penyakit yang hanya menyerang orang tua. Remaja usia 20-an pun dapat terkena osteoporosis jika tidak memperhatikan kesehatan tulang. Karena itu, penting untuk mengenal faktor-faktor yang menyebabkan osteoporosis di usia muda.

Baca juga : Ini Gejala Skoliosis yang Wajib Bunda Tahu

Penyebab Osteoporosis di Usia Muda

1. Amenorea

Amenorea merupakan keadaan saat perempuan tidak menstruasi dalam jangka waktu yang panjang. Amenorea menyebabkan menurunnya kadar hormon estrogen. Penurunan kadar estrogen pada perempuan ini membuat tulang keropos atau osteoporosis. Terdapat beberapa gejala dalam kondisi seperti ini, yakni gangguan penglihatan, sakit kepala, nyeri pinggul, rambut rontok, payudara tidak membesar, keluarnya air susu meski tak sedang menyusui, hingga pemberatan suara.

2. Kekurangan Asupan Kalsium

Seperti yang sudah diketahui, kalsium memiliki peran krusial untuk menjaga kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dalam tubuh, dapat menimbulkan risiko terkena osteoporosis lebih dini. Maka dari itu, makanan berserat, terutama buah dan sayur, serta susu wajib dikonsumsi untuk menghindari risiko pengeroposan tulang.

3. Penyakit yang disebabkan faktor hormon

Osteoporosis juga dapat dipicu oleh penyakit yang disebabkan faktor hormon, seperti gangguan pada kelenjar adrenal, hiperparatiroidisme, hipertiroidisme, gangguan kelenjar hipofisis, dan menurunnya jumlah hormon seks,,

4. Efek Samping Obat

Terdapat beberapa efek samping obat yang dapat menyebabkan osteoporosis, seperti kortikosteroid dengan dosis tinggi dan jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan pengeroposan tulang yang berujung osteoporosis.

Baca juga : Terjadi Tanpa Gejala, Begini Cara Pengobatan Osteoporosis 

Selain empat penyebab di atas, terdapat faktor lain yang dapat memicu osteoporosis, yakni kebiasaan merokok dan minum alkohol, riwayat keluarga dengan osteoporosis, tubuh tidak aktif dalam waktu lama seperti ketika terlalu lama rebahan, dan adanya malabsorbsi nutrisi.

Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Osteoporosis di usia muda tentu saja adalah hal yang dikhawatirkan banyak orang. Sebab, Osteoporosis akan memunculkan beberapa gejala fisik yang mengganggu aktivitas. Karena itu, terdapat beberapa langkah yang harus diambil untuk mencegah osteoporosis di usia muda, sebagai berikut:

1. Penuhi Kebutuhan akan kalsium dan vitamin D

Kalsium dan Vitamin D merupakan nutrisi yang berperan penting pada tulang. Vitamin D didapat dengan mengonsumsi ikan sarden, tuna, dan salmon, hingga kuning telur, hati sapi, serta susu dan berbagai produk olahannya. Sedangkan, kalsium dapat diperoleh dari biji-bijian, sayuran hijau, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Baca juga : Dokter Sebut Kaki Rata atau Flat Feet pada Anak Hal yang Normal

2. Olahraga

Olahraga teratur seperti angkat beban, sepak bola, dan basket, dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

3. Berhenti Merokok dan Batasi Alkohol

Nikotin dalam rokok dapat menghambat produksi sel pembentukan tulang, menghadang penyerapan kalsium, dan mengurangi aliran darah ke tulang. Maka dari itu, asap rokok meningkatkan risiko pengeroposan tulang di usia dini. Demikian pula dengan alkohol. Konsumsi alkohol berlebihan berpotensi menyebabkan osteoporosis di usia muda.

Itulah hal-hal yang bisa memicu sekaligus mencegah osteoporosis di usia muda, khususnya pada remaja. Pencegahan menjadi hal yang penting dilakukan demi kualitas hidup yang lebih baik di usia muda hingga hari tua.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat