visitaaponce.com

Komunikasi yang Baik dengan Orangtua Pegang Peran Penting dalam Perkembangan Anak

Komunikasi yang Baik dengan Orangtua Pegang Peran Penting dalam Perkembangan Anak
Ilustrasi(Freepik)

PSIKOLOG Klinis Dewasa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Nirmala Ika mengatakan komunikasi antara orangtua dan anak memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak, terlebih orangtua memiliki pengaruh besar dalam pandangan anak terhadap dunia.

"Sebenarnya penting banget (komunikasi keluarga) apalagi kalo kita ngomong anak ya, anak itu sebenernya akan terbuka banget ke orangtua, karena yang dicari itu cintanya dan pengakuan dari orangtua," kata Ika, dikutip Senin (22/4).

Namun, Ika menjelaskan tantangan yang dihadapi orangtua adalah bagaimana kemampuan mendengarkan anak dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi.

Baca juga : Ini Tips Memberi Tahu Anak Saat Keluarga Menghadapi Masalah

Ika mencontohkan, dalam hal sederhana seperti mengajari anak untuk mencuci tangan sebelum makan. 

Ketika anak masih kecil berada di rumah, mereka cenderung nurut. Namun, ketika melihat teman-temannya tidak mencuci tangan dan tidak mendapat teguran, anak mungkin akan merasa tidak adil.

Orangtua perlu memperhatikan cara berkomunikasi dengan anak. Komunikasi yang baik tidak hanya tentang memberi nasihat, tetapi juga tentang mendengarkan dengan baik.

Baca juga : Komunikasi yang Baik Antara Orangtua dan Anak Bisa Cegah Perundungan

Ika menjelaskan anak dari generasi Z, misalnya, cenderung lebih berani dan ingin didengarkan. Anak pada generasi tersebut mungkin akan menyampaikan ketidakpuasan mereka jika merasa hanya mendapat ceramahan dari orangtua tanpa didengarkan.

Ketika orangtua mampu mendengarkan dengan baik tanpa menghakimi, hal itu dapat membantu meredakan stres yang dirasakan anak. Banyak orang yang akhirnya mencari bantuan dari psikolog atau psikiater karena ingin didengarkan dan merasa dihargai tanpa dihakimi.

"Sebenarnya yang dibutuhkan anak ini cuma didengerin dan didengerin apakah itu membantu meredakan stres? Sangat. Kenapa orang akhirnya butuh datang ke psikolog, psikiater dan dateng ke siapa pun gitu, karena memang dia mau didengerin, pengen didengarkan tanpa dihakimi gitu," ungkap Ika.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk terus mengembangkan kemampuan mendengarkan dan berkomunikasi dengan anak mereka dengan cara yang lebih efektif dan empatik. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat