visitaaponce.com

Mensos Tri Rismaharini Resmikan Gerai Pena Bale Lembang di Jawa Barat

Mensos Tri Rismaharini Resmikan Gerai Pena Bale Lembang di Jawa Barat
Menteri Sosial Tri Rismaharini melihat produk di Gerai Pena Bale Lembang, Jawa Barat.(Kemensos)

Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan Gerai Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) Bale Lembang di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Kayuambon Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (25/4). Bale Lembang, tidak hanya menyediakan produk-produk dari Lembang saja, tetapi juga hasil karya dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pena se-Indonesia melalui 17 Sentra dan tiga Balai Diklat Kementerian Sosial.

Risma menyampaikan apresiasinya kepada para KPM yang telah berkreasi dan menghasilkan produk-produk berkualitas. Ia berharap dengan adanya Gerai Pena tersebut, produk lokal masyarakat dapat lebih dikenal dan diminati, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para KPM.

"Gerai ini diperuntukkan untuk mendapatkan kesetaraan bagi para penerima manfaat tanpa melihat kondisi mereka. Ruang diberikan secara gratis untuk penerima manfaat yang kurang sejahtera, baik sahabat PENA yang disabilitas, ataupun yang masih miskin. Supays mereka bisa sejajar dengan saudara kita yang lainnya,” ujar Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (26/4).

Pembukaan Gerai Pena ini merupakan bagian dari pendekatan yang terintegrasi dari upaya pengentasan kemiskinan. Para KPM tidak hanya saja mendapatkan modal berupa alat-alat produksi dan bahan, namun juga memperoleh pelatihan dan pendampingan terus menerus dalam memproduksi, mengemas, dan mem-branding serta akses ke pemasaran secara langsung dan online maupun pengembangan usahanya.

Ahmad Fauzi, Barista di Bale Lembang dengan keterbatasan rungu dan wicara, yang latte-nya mendapatkan pujian dari Risma, mengaku sangat senang atas kepedulian pemerintah. Ahmad yang sebelumnya bekerja sebagai ojek daring pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menabung. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat