visitaaponce.com

Mensos Tri Rismaharini Serahkan 11 Bantuan Rumah Tahan Gempa di Aceh Timur

Mensos Tri Rismaharini Serahkan 11 Bantuan Rumah Tahan Gempa di Aceh Timur
Menteri Sosial Tri Rismaharini meneyrahkan bantuan rumah kepada warga Aceh Timur.(Kemensos)

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan rumah tahan gempa kepada 11 keluarga penerima manfaat di desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Daerah Istimewa Aceh.

Dari total 11 rumah bantuan itu, delapan unit merupakan kerja sama dengan Dana Kemanusiaan Kompas. Adapun, tiga unit lainnya merupakan dana hibah Kemensos.

Risma mengatakan rumah tersebut dirancang tahan gempa dengan menggunakan bata khusus yang diperkuat dengan beton.

Baca juga : Kemensos Serahkan 20 Rumah Tahan Gempa kepada warga Malaka

"Pembuatan bata ini dilakukan oleh masyarakat dan kemudian dibeli sehingga bisa menggerakan ekonomi masyarakat setempat," ujar Risma di Aceh Timur, Rabu (28/2).

Bantuan Rumah Dana Kemanusian Kompas dan Kemensos memakan biaya sebesar Rp1,922 miliar. Saat menyerahkan bantuan rumah, Manajer Eksekutif Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) Anung Wendyartaka mengatakan, DKK sangat berterima kasih bisa menjalin kerja sama dengan Kemensos dalam pembangunan rumah tahan gempa.

“Semoga kerja sama dengan Kemensos ini bisa berlanjut di bidang lainnya,” kata Anung.

Selain menyerahkan bantuan rumah, Kemensos juga memberikan bantuan lainnya yakni berupa biaya pengembangan usaha dari Sentra Insyaf Medan senilai Rp1.246.000 dan modal usaha senilai Rp5.000.000.

Ada juga bantuan motor roda tiga dari Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) dengan nilai Rp42 juta. Selain itu, Kemensos melalu Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam memberikan bantuan berupa kompor rakyat dengan nilai Rp214.524.000 dan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) batu bata interlock senilai Rp88.893.000. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat