visitaaponce.com

Kemensos Serahkan 20 Rumah Tahan Gempa kepada warga Malaka

Kemensos Serahkan 20 Rumah Tahan Gempa kepada warga Malaka
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan 20 rumah tahan gempa kepada warga Malaka, NTT.(Kemensos)

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan 20 unit Rumah Sejahtera Terpadu (RST) tahan gempa yang berlokasi di Jalan Betun-Perbatasan, Desa Alas Selatan, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rumah tahan gempa tersebut diberikan kepada 20 keluarga prasejahtera dan masyarakat yang terkena dampak badai Seroja 2021 silam.

Risma berharap bantuan dari kemetnerian Sosial (Kemensos) itu tersebut bisa memberi manfaat maksimal. Rumah Sejahtera Terpadu dibangun khusus dengan bata interlock yang memiliki ketahanan tinggi terhadap gempa. Rumah tersebut memiliki ukuran 6 meter x 6 meter dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur.

Ia juga meminta warga bisa memanfaatkan lahan yang tersedia di pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman. Risma menceritakan pengalamannya saat menjadi Wali Kota Surabaya. Kala itu, kebijakan menanam sayuran di pekarangan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Sekarang untuk kebutuhan makan di rumah, sebagian bisa memanfaatkan berbagai jenis sayuran yang tumbuh di lahan terbatas,” ujar Risma melalui keterangan tertulis, Selasa (19/12).

Selain memberikan bantuan rumah, Kemensos juga memberikan bantuan pemberdayaan berupa bantuan modal usaha untuk pertanian, tailor, dan pertukangan. Pada kesempatan tersebut, Kemensos juga menyerahkan bantuan 3.000 ekor ayam petelur, serta lumbung sosial senilai Rp369,9 juta bagi warga Kabupaten Malaka. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat