visitaaponce.com

Bantu Perluas Akses Pendidikan, SCG Beri Beasiswa bagi 400 Pelajar

Bantu Perluas Akses Pendidikan, SCG Beri Beasiswa bagi 400 Pelajar
Ilustrasi(Medcom)

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional, Siam Cement Group (SCG) membuka pendaftaran program Beasiswa SCG Sharing the Dream 2024. Country Director SCG Indonesia Warit Jintanawan mengungkapkan beasiswa tersebut akan diberikan kepada 400 pelajar SMA/sederajat dan 10 mahasiswa Strata 1, termasuk para penyandang disabilitas.

"Sejak 2012, beasiswa ini telah disalurkan ke lebih dari 4.050 pelajar Indonesia sebagai perwujudan komitmen SCG dalam misi pembangunan Indonesia melalui pemerataan akses pendidikan, serta implementasi dari prinsip ESG 4 Plus yang menjadi kerangka kerja perusahaan," ujar Jintanawan melalui keterangan tertulis, Rabu (8/5).

Tahun ini, SCG Sharing the Dream mengusung tema Green Generation, yaitu generasi dengan kesadaran lingkungan, aktif terlibat dalam praktik berkelanjutan, dan berkomitmen untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang.

Baca juga : Gus Amri Sowan ke Pj Bupati Pasuruan Laporkan Penyaluran Beasiswa

Pendaftar, sebagai para calon generasi hijau harus membuat essay community project mengenai kontribusi untuk lingkungan dan masyarakat yang menuangkan pemikiran dan gagasan mereka untuk merespons isu-isu lingkungan dan sosial, seperti perubahan iklim, pengelolaan limbah, dan pengelolaan sumber daya alam.

"Esai ini akan menjadi salah satu indikator penting kelayakan penerima beasiswa," tuturnya.

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 2 Juni 2024, dengan persyaratan untuk siswa SMA/sederajat, di antaranya siswa kelas X, XI, dan XII atau sederajat tahun ajaran 2024/2025, berdomisili di Bogor, Sukabumi, Jakarta, Tangerang Selatan, Karawang, Bekasi, dan Gresik (khusus anak dari pekerja bangunan, pendaftar harus berdomisili di Sukabumi dan Cianjur).

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM, Pelajar Dan Mahasiswa Bangka Belitung Didorong Raih Beasiswa

Selain itu, pelajar harus memiliki rata-rata nilai rapor minimum 75 dari 2 semester
terakhir, melengkapi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen dan esai
yang diperlukan.

Sedangkan persyaratan untuk mahasiswa adalah pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA, atau mahasiswa aktif jenjang D4 dan S1 atau lulusan SMA/MA/SMK yang akan melanjutkan kuliah.

Selain itu, nilai rata-rata rapor selama SMA adalah 75 atau IPK minimal 3.00 (bagi mahasiswa aktif), memiliki prestasi akademis dan nonakademis yang baik, serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Proposal community project terbaik akan mendapatkan pendanaan sebesar Rp15 juta dan bimbingan dalam implementasinya. Mahasiswa S1 akan menerima dana sebesar Rp8 juta/tahun. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat