visitaaponce.com

Apa Itu Biosfer Simak Pengertian, Fakta, Faktor, Serta Manfaatnya di Bumi

Apa Itu Biosfer? Simak Pengertian, Fakta, Faktor, Serta Manfaatnya di Bumi
Biosfer adalah? Dan manfaatnya bagi bumi(Ilustrasi)

WILAYAH di bumi yang menjadi tempat hidup makhluk hidup disebut biosfer, yang meliputi daratan dan atmosfer. Biosfer didefinisikan sebagai wilayah di atas, dan di bawah permukaan bumi tempat terdapatnya kehidupan. Apa itu biosfer?

Dalam ilmu geografi, biosfer adalah salah satu dari empat wilayah geosfer, yang terdiri dari atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan antroposfer. Biosfer tidak hanya menjadi habitat makhluk hidup, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekologis.

Biosfer bumi adalah satu-satunya biosfer yang saat ini dikenal di dalam tata surya. Hal ini karena bumi merupakan satu-satunya tempat yang memiliki oksigen dan air yang cukup bagi seluruh kehidupan di bumi untuk bertahan hidup.

Baca juga : Gandeng NSCMI, CEDRS Universitas Presiden Gelar Earth Day Festival 2024 Jaga Bumi untuk Generasi Mendatang 

Pengertian Biosfer

Dalam KBBI, biosfer mempunyai dua makna. Pertama, biosfer adalah bagian bawah atmosfer  dekat permukaan bumi yang menjadi tempat hidup makhluk hidup. Sementara makna kedua, biosfer adalah lingkungan yang terdiri dari semua makhluk hidup, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan.

Jadi, pengertian biosfer adalah lapisan di bumi yang menjadi tempat hidup makhluk hidup. Biosfer terdiri dari dua kata Yunani, bios yang berarti kehidupan dan sphaira yang berarti lingkungan.
 
Dibandingkan seluruh lapisan bumi, biosfer merupakan lapisan tertipis dengan ketebalan hanya sekitar 9.000 meter. Dalam tata surya kita, hanya memiliki satu biosfer, yaitu biosfer bumi.

Tanda-tanda biosfer seperti yang ada di bumi belum ditemukan di planet lain. Biosfer dicirikan sebagai  kawasan yang menampung seluruh makhluk hidup dan hasil kegiatannya. Oleh karena itu, mereka memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem, seperti keberadaan spesies dan interaksi timbal baliknya, serta biosfer sangat penting untuk pengaturan iklim.

Baca juga : Panggilan Aksi di Hari Bumi, Langkah Nyata Menuju Pelestarian Lingkungan

Fakta Biosfer

Biosfer memiliki beberapa fakta, diantaranya:

  1. Biosfer berkaitan dengan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Litosfer adalah lapisan luar bumi yang padat, terdiri dari batuan, pasir, dan tanah, hidrosfer sebagai air, dan atmosfer sebagai lingkungan udara. Artinya, biosfer merupakan kombinasi antara lingkungan udara, air, dan permukaan bumi.
  2. Biosfer dicirikan sebagai lingkungan tempat tinggal seluruh makhluk hidup dan hasil kegiatannya. Oleh karena itu, hutan berperan penting dalam menjaga ekosistem kehidupan  dan interaksi spesies. Biosfer juga sangat penting untuk pengaturan iklim.
  3. Salah satu gas rumah kaca terpenting, seperti metana, karbon dioksida, dan dinitrogen oksida, dipengaruhi oleh biosfer.
  4. Kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi memerlukan berbagai kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembapan yang baik. Spesies juga membutuhkan energi dan nutrisi. Karenanya, biosofer bumi mengandung semua mineral dan nutrisi hewani yang diperlukan untuk kehidupan.

Faktor yang Memengaruhi Biosfer

Faktor yang memengaruhi biosfer adalah homogenisasi manusia, penyederhanaan bentang alam dan bentang laut. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya ketahanan biosfer, sehingga faktor-faktor ini dapat melemahkan peran struktur alam dalam mendorong hasil ekosistem.

Percepatan perluasan aktivitas manusia juga berdampak pada biosfer. Oleh karena itu, manusia mempunyai misi dan tanggung jawab untuk melindungi bumi dengan meningkatkan ketahanan biosfer.

Baca juga : Astronom Menemukan Bintang Lubang Hitam Terbesar di Bima Sakti

Jika manusia tidak dapat menjaga ketahanan biosfer, maka bumi akan mengalami kerusuhan dan guncangan sebagai respon atas perbuatan manusia. Perubahan iklim yang cepat dan ekstrem juga dapat memengaruhi biosfer bumi. Sebab, biosfer terlibat dalam penyerapan karbon untuk menghindari risiko perubahan.

Manfaat Biosfer di Bumi

1. Penelitian dan Pendidikan

Pelestarian alam merupakan bagian dari fungsi ini dan bertujuan untuk mendidik tentang bagaimana cara yang lebih baik dalam menjaga lingkungan. Selanjutnya dapat digunakan untuk keperluan penelitian untuk mempelajari berbagai hal tentang tumbuhan dan hewan di biosfer.

2. Sumber Makanan 

Biosfer merupakan rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan yang juga dapat menjadi sumber makanan bagi manusia.

4. Sarana Rekreasi

Suaka margasatwa melestarikan dan melindungi spesies hewan tertentu yang terancam punah, seperti badak besar dan komodo. Ini bisa menjadi sarana rekreasi dan edukasi bagi pengunjung. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat