visitaaponce.com

Baru 1.053 Rumah Sakit yang Terapkan KRIS

Baru 1.053 Rumah Sakit yang Terapkan KRIS
Warga mengantre di loket BPJS Kesehatan Jakarta Pusat(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

JURU Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril klaim bahwa rumah sakit yang sudah mampu menerapkan 12 komponen fasilitas Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) baru 1.053 rumah sakit (RS) di Indonesia.

"Pada 2023 target implementasi KRIS sebanyak 1.216 RS. Namun yang tercapai baru 995 RS sudah penuhi. Sementara pada tahun ini, targetnya sebanyak 2.432 tapi pada akhir April baru terealisasi 1.053 RS," kata Syahril dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Kemudian pada Juni 2025 memiliki target 3.057 RS yang akan direalisasikan. Tujuan peningkatan fasilitas melalui KRIS ingin menjamin masyarakat sebagai peserta JKN dapat perlakuan sama salah satunya mengenai sarana dan prasarana.

Baca juga : Durasi Panjang dan Mahal Pengobatan Pasien Tb Bisa Sebabkan Keluarga Jatuh Miskin

"Ada kelas 1, 2, dan 3 dengan Perpres yang baru yakni Nomor 59 Tahun 2024 tentang Jaminan Kesehatan diatur rumah sakit agar memenuhi standar untuk penuhi 12 komponen yang sudah diatur salah satunya rawat inap maksimal 4 tempat tidur. Sehingga semua pasien dijamin kesetaraannya," ujar dia.

Untuk itu diperlukan kerja sama semua pihak agar target 2.004 RS yang belum memenuhi semua kriteria KRIS dapat dipenuhi sesuai jadwal yang ditentukan sampai Juni 2025.

Ia juga mencontohkan hingga saat ini masih banyak rumah sakit kelas 3 menampung 5 hingga 8 orang. Sehingga perubahan pelayanan fasilitas rawat inap dibutuhkan dan terwujudnya layanan yang sama termasuk layanan medis. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat