visitaaponce.com

Setelah Miqat, Jemaah Haji Disunahkan Lakukan Tiga Amalan

Setelah Miqat, Jemaah Haji Disunahkan Lakukan Tiga Amalan
Kedatangan jemaah SOC 14 di Madinah.(Dok MCH 2024)

PEMBIMBING ibadah sektor Bir Ali, Habibur Rohman, mengatakan ada tiga amalan yang bisa dilakukan jemaah haji setelah mengambil miqat di Masjid Bir Ali. Yang pertama, membaca kalimat talbiyah dari Bir Ali hingga tiba di Mekah. 

"Kita membaca talbiyah dari Bir Ali sampai ke Mekah, " ujarnya.

Selanjutnya, jemaah dianjurkan untuk membaca tahlil. Ini disusul zikir dan membaca selawat. "Mudah-mudahan amal ibadah kita diterima Allah, " ujarnya.

Baca juga : Embarkasi Bertukar Wilayah Pemondokan Haji di Mekah

Habibur Rohman menguraikan setelah datang di pelataran Bir Ali, jemaah turun dari bus dan langsung masuk masjid. Untuk jemaah perempuan akan masuk di pintu 7, 8, dan 9. Untuk jemaah laki-laki masuk pintu 10, 11, 12, 13.

Dia menambahkan setelah melaksanakan salat sunah dua rakaat, jemaah akan kembali masuk bus. Setelah di bus, kata dia, karom harus memastikan jemaahnya sudah lengkap atau belum. "Jangan ada yang tersesat dan kurang," ujarnya.

"Kalau sudah lengkap, karom memimpin niat ihram di atas bus. Ini memastikan jemaah sudah niat. Kalau di dalam bus ini memastikan semua sudah niat," ujarnya.

Dia juga mengingatkan jemaah untuk mengingat identas bus, ciri-ciri, dan letak parkir bus supaya tidak tersesat lantaran akan banyak jemaah dari berbagai negara juga mengambil miqat di sana. "Ini awal dari agar jemaah tidak tersesat di Bir Ali," ujarnya.

Untuk lansia, kata dia, tidak turun dari bus. Mereka mengambil niat dan salat di dalam bus. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat