visitaaponce.com

Suhu Ekstrem, Jemaah Diingatkan Melengkapi Diri dengan Alat Pelindung

Suhu Ekstrem, Jemaah Diingatkan Melengkapi Diri dengan Alat Pelindung
Jemaah haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Makkah(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MENGINGAT suhu panas cukup ekstrem di Tanah Suci saat ini yang mencapai hingga 45 derajat celsius, jemaah haji Indonesia diingatkan ketika ke Masjidil Haram atau berpergian ke luar hotel untuk melengkapi diri dengan alat pelindung diri berupa payung atau topi lebar untuk menghindari sengatan langsung matahari.

"Selalu membawa paspor dan dokumen penting lainnya, serta membawa kantong sandal dan dibawa saat ibadah di masjid," kata anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda Minggu (26/05).

Dia juga mengingatkan jemaah haji untuk tidak meletakkan sandal di sembarang tempat di masjid, karena berpotensi hilang dan lupa serta tidak menitipkan sandal ke jemaah lainnya untuk mengantisipasi jika terpisah dari kelompoknya.

Baca juga : Jemaah Haji Indonesia Wafat Bertambah Menjadi 7 Orang

"Dan selalu mengenakan identitas pengenal berupa gelang dan smart card, serta jangan sungkan meminta bantuan petugas yang ada di area Masjidil Haram dan terminal," ucapnya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT), jemaah gelombang I yang telah tiba di Tanah Suci berjumlah 88.987 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 98,52% baru melaksanakan haji untuk pertama kali.

Mayoritas jemaah tersebut belum berhaji sebanyak 87.673 orang (98,52%). Bagi mereka, tahun ini merupakan kali pertama mereka berhaji, sementara jemaah yang telah berhaji hanya 1,48% atau 1.314 orang," kata Widi.

Dia menyampaikan jemaah gelombang I yang telah tiba di Tanah Suci bila dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, didominasi jemaah perempuan sebanyak 49.210 orang (55,3%) dan laki-laki sebanyak 39.777 (44,7%).

"Dengan potret data jemaah gelombang I didominasi perempuan, kebijakan pemerintah memberikan proporsi petugas perempuan cukup banyak tahun ini dinilai sebagai langkah tepat sebagai bentuk afirmasi dan perlindungan jemaah," sambungnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat