visitaaponce.com

Sahkah Haji tanpa Visa Haji Ini Penjelasan Ulama

Sahkah Haji tanpa Visa Haji? Ini Penjelasan Ulama
Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Afifuddin Muhajir(Dok.pribadi)

PEMERINTAH Indonesia dan Arab Saudi menyepakati bahwa visa yang digunakan oleh jemaah haji harus resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Hal itu menanggapi sejumlah jemaah haji memilih untuk berangkat tanpa visa haji karena tidak sabar menunggu antrian yang begitu panjang.

Lalu, Sahkah haji tanpa visa haji?

Baca juga : Jemaah Haji Ilegal Tanpa Visa Langgar Syariat Islam

Menurut Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Afifuddin Muhajir, haji yang dilakukan tanpa visa haji adalah sah tetapi cacat, dan yang bersangkutan berdosa. 

Dia menjelaskan visa haji memang bukan bagian dari syarat-syarat dan rukun-rukun haji. Namun, larangan pemerintah Saudi bersifat eksternal. 

"Mengapa yang bersangkutan berdosa? karena melanggar aturan syari'at yang mewjibkan menaati perintah ulil amri dan mematuhi perjanjian," kata KH Afifuddin Muhajir. 

Baca juga : Cuaca Panas di Arab Saudi Dapat Picu Penyakit Pernapasan

Untuk itu, kata dia, wajib untuk menaati peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah Saudi tersebut. "Peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah Saudi termasuk di dalamnya yang melarang haji tanpa visa haji adalah benar dan sah menurut syari'at dan akal sehat. Oleh karena itu wajib ditaati oleh semua pihak," kata dia.

KH Afifuddin Muhajir menjelaskan, pemerintah Saudi melakukan pembatasan jumlah jamaah haji dilatarbelakangi oleh tempat-tempat pelaksanaan manasik haji terlalu sempit dibandingkan dengan jumlah umat Islam yang berminat melaksanakan ibadah haji. 

"Sekiranya pembatasan itu tidak dilakukan akan terjadi crowdied dan keruwetan luar biasa yang potensial mengganggu keamanan dan perlindungan terhadap jiwa dan harta," jelasnya. (P-5)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat