visitaaponce.com

Posisi Indonesia Sebagai Destinasi Pencari Kerja Asing Meningkat 18 Persen

Posisi Indonesia Sebagai Destinasi Pencari Kerja Asing Meningkat 18 Persen
Ilustrasi--Sejumlah pekerja berjalan saat jam pulang kerja di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.(ANTARA/Hafidz Mubarak A)

MINAT pencari kerja internasional untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama mereka meningkat. Hal itu terungkap dalam laporan terbaru Jobstreet by SEEK yang berjudul Decoding Global Talent 2024: Tren Mobilitas Pekerja.

Menurut Sales Director Indonesia di Jobstreet by SEEK Wisnu Dharmawan, Indonesia mampu memikat perhatian banyak pencari kerja dari Asia Pasifik, khususnya dari Malaysia, Singapura, dan India. 

"Mayoritas dari mereka berasal dari wilayah Asia Pasifik, khususnya Malaysia, Singapura, dan India. Dari hasil survei yang dilakukan, responden dari Malaysia menempatkan Indonesia di antara 10 negara pilihan utama mereka untuk relokasi. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh kedekatan geografis dan kesamaan budaya antara kedua negara," ungkap Wisnu dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Jakarta, Selasa (4/6).

Baca juga : Tiga Manfaat Kartu Prakerja yang Harus Diperhatikan Pemerintah Mendatang

Peningkatan Indonesia sebesar 18% dalam daftar negara tujuan utama bagi karyawan yang ingin pindah kerja menandai pencapaian yang signifikan. 

"Alasan utama pekerja memilih untuk bekerja di Indonesia adalah budaya yang ramah dan inklusif, kualitas hidup yang baik, dan peluang kerja yang tersedia. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan suasana yang ramah terhadap keluarga dan keuntungan finansial yang menarik, menjadikannya tujuan yang menarik tidak hanya untuk karier tetapi juga gaya hidup yang memuaskan," kata Wisnu.

Berdasarkan data Jobstreet, terdapat peningkatan yang signifikan dalam preferensi karyawan terkait aspek-aspek tertentu, dengan skor sebagai berikut:

Baca juga : Usaha Tiongkok Perluas Lapangan Kerja dan Menstabilkan Pasar Rumah

  • Budaya yang ramah dan inklusivitas: 50%
  • Kualitas hidup: 50%
  • Kualitas peluang kerja: 50%
  • Lingkungan yang ramah keluarga: 46%
  • Pendapatan, pajak, dan biaya hidup: 45%
  • Proses visa dan izin bekerja: 26%
  • Inovasi dan digitalisasi: 22%
  • Layanan kesehatan: 20%
  • Peluang untuk mendapatkan kewarganegaraan: 20%

Selain menjadi destinasi bagi pencari kerja asing, Indonesia juga memainkan peran penting dalam menyediakan tenaga kerja bagi pasar global. 

"Dari 67% orang Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri, sebagian besar memilih Jepang sebagai destinasi utama, diikuti negara-negara maju lainnya seperti Australia, Singapura, dan Jerman," jelasnya.

Dengan prestasi ini, Indonesia semakin menegaskan posisinya sebagai destinasi menarik bagi pencari kerja internasional dan mengukuhkan perannya dalam panggung global. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat