visitaaponce.com

Ini Tren Tontonan Anak Selama Satu Tahun Terakhir

Ini Tren Tontonan Anak Selama Satu Tahun Terakhir
Ilustrasi(Freepik)

PENELITIAN Kaspersky Safe Kids mengungkapkan penelusuran paling trendi di kalangan anak-anak. Mereka menemukan bahwa SSundee, Aphmau dan KreekCraft mempertahankan posisi mereka sebagai blogger game anak-anak paling populer di seluruh dunia. 

Selain itu, kegemaran meme terbaru ditemukan adalah Gegagedigedagedago. 

Tanpa diduga, BTS kehilangan posisi teratas sebagai grup musik pilihan, sementara BABYMONSTER kini memimpin. 

Baca juga : Tahun ini Pengguna Internet Indonesia Diperkirakan 221 Juta

Di ranah animasi, My Story Animated menduduki posisi teratas sebagai kartun yang paling banyak dicari di kalangan anak-anak. Menariknya, Subliminal, sebuah game horor, telah menarik perhatian anak-anak secara global bahkan sebelum dirilis secara resmi.

Laporan Kaspersky, Raising the smartphone generation, mengungkapkan  87% orangtua di seluruh dunia percaya bahwa merekalah yang paling bertanggung jawab dalam mengatur perilaku digital anak-anak mereka. 

Untuk membantu orangtua dalam mengelola keterlibatan online anak-anak mereka secara efektif, Kaspersky melakukan tinjauan tahunan terhadap minat online anak-anak. Analisis ini didasarkan pada permintaan pencarian data anonim, yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids. 

Baca juga : Ini yang Bisa Terjadi Jika Anak Gunakan Internet Berlebihan

Daftar aplikasi Android yang paling banyak digunakan adalah YouTube (28%), TikTok dan WhatsApp (masing-masing 15%), dan Instagram (hanya 9%). 

Situasinya berbeda pada perangkat dengan sistem operasi Windows, karena di sana, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di Google Chrome (36%), Microsoft Edge (13%) dan Microsoft Office (10%).

Sebagai aplikasi paling populer, YouTube mencerminkan tren dan minat utama di kalangan anak-anak saat ini. 

Baca juga : Kadin DKI Siap Kolaborasi Dukung Apresiasi Kreasi Indonesia 2023

Tahun ini, influencer game menerima bagian terbesar dari permintaan pencarian sebesar 21%. Blogger yang paling banyak dicari adalah SSundee, Aphmau dan KreekCraft. 

Sedangkan untuk influencer yang tidak terkait dengan game, MrBeast, SSSniperWolf dan  Sidemen tetap menjadi pemimpin mutlak.

Topik lain yang menarik minat anak-anak adalah olahraga, dengan sepak bola, football, dan peringkat NBA sebagai pilihan utama. Tingkat minat yang tinggi terhadap topik ini terlihat jelas dalam kueri YouTube dan permintaan penelusuran Google.

Baca juga : Batasi Penggunaan Video Gim untuk Anak-anak

Meme secara umum juga merupakan bagian penting dari minat anak-anak secara global. Kali ini yang paling menonjol adalah Gegagedigedagedago, meme Roblox Male Face yang disetel ke lagu Rednex Cotton Eye Joe, dibawakan dengan cara yang salah dengar atau misheard.

Mengenai preferensi musik (17%), tren yang menonjol di kalangan anak-anak termasuk lagu BABYMONSTER - SHEESH dan JoJo Siwa - Karma serta campuran musik dari Nightcore. 

Performer yang paling banyak dicari adalah band K-pop BLACKPINK dan ikon pop Taylor Swift. Phonk tetap menjadi genre musik paling populer di kalangan anak-anak. 

Yang mengejutkan, BTS baru-baru ini mengalami penurunan popularitas, dan berada di belakang Olivia Rodrigo dan bahkan video “¥$, Ye, Ty Dolla $ign - CARNIVAL ft. Playboi Carti & Rich The Kid dalam hal jumlah permintaan.

Di antara film (16%) anak-anak paling banyak menelusuri kartun, acara TV, dan serial. Kartun yang paling banyak diminta adalah My Story Animated, 1 second from animated movies dan Harzbin Hotel. 

Sedangkan untuk serial, permintaan yang paling banyak dicari adalah Dhar Mann Studios, Queen of Tears, dan Avatar the Last Airbender dari adaptasi Netflix.

Game mendatang yang menarik adalah genre horor Subliminal. Berdasarkan konsep The Backrooms, ini adalah permainan puzzle horor yang ditelusuri dengan sinar perangkat lunak real-time. 

Meski belum dirilis, namun informasi mengenainya sudah banyak dicari oleh anak-anak yang berminat.

“Kami melihat adanya stabilitas dalam preferensi anak-anak, namun ada peningkatan signifikan dalam cerita musiman terkait dengan pemutaran perdana game, musikal, dan film baru-baru ini. Tren ini sangat penting dan menarik bagi anak-anak, memberikan kesempatan bagi orangtua untuk terlibat dan lebih memahami minat anak-anak mereka saat ini. Hal ini dapat membina hubungan yang lebih kuat antara orang tua dan anak. Solusi yang andal untuk pengasuhan anak secara digital dapat memainkan peran penting, tidak hanya dalam melindungi anak-anak saat online tetapi juga dalam mengungkap preferensi mereka," papar pakar analis konten web di Kaspersky Anna Larkina.

Untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan agar Anda sebagai orang tua:

  • Libatkan diri Anda dalam aktivitas online anak-anak sejak usia dini, sehingga hal ini menjadi norma yang berlaku, dan Anda kemudian dapat membimbing mereka mengenai praktik keamanan online
  • Pertimbangkan mengunduh aplikasi untuk pengasuhan digital dan mendiskusikan topik ini dengan anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa aplikasi tersebut diperlukan agar tetap aman saat online
  • Jadikan percakapan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikan topik tersebut bersama anak Anda melalui permainan dan format menghibur lainnya
  • Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak Anda tentang langkah-langkah keamanan online. Coba perhatikan kebiasaan Anda sendiri. Apakah Anda menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak Anda yang meniru kebiasaan Anda? Apakah reaksi mereka berbeda saat Anda menyimpan ponsel?
  • Minta anak Anda untuk tidak menyetujui pengaturan privasi apa pun dan sebagai gantinya mintalah bantuan dari Anda. Orang dewasa harus membiasakan membaca semua perjanjian privasi. (Z-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat