visitaaponce.com

Tempe Dicanangkan sebagai Pangan Generasi Emas Indonesia

Tempe Dicanangkan sebagai Pangan Generasi Emas Indonesia
Pekerja pengolahan limbah tempe tahu membersihkan saringan limbah(MI)

FORUM Tempe Indonesia resmi mencanangkan tempe sebagai pangan generasi emas Indonesia dalam acara perayaan Hari Tempe Nasional yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Kamis (6/6).

"Tempe dicanangkan sebagai pangan generasi emas Indonesia untuk mengangkat kembali nilai tempe di mata generasi muda sebelum kemudian mendunia," ujar Sekretaris Jenderal Forum Tempe Indonesia Muhammad Ridha, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (8/6).

Ridha menjelaskan bahwa tempe merupakan makanan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dia juga menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikan tempe sebagai warisan budaya yang membanggakan bangsa dan dikenal di seluruh dunia.

Baca juga : Wajib Dicatat! Inilah 6 Kiat Jaga Kesehatan di Usia 40-an

guru besar dari Universitas IPB Ahmad Sulaeman mendukung, pencanangan tempe sebagai pangan generasi emas Indonesia. Menurutnya, tempe kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak serta kesehatan orang dewasa, termasuk ibu hamil dan perempuan menopause.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengajukan permohonan kepada Sekretariat Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memasukkan tempe ke dalam daftar representatif warisan budaya tak benda.

Puncak perayaan Hari Tempe Nasional di Sentra Industri Kecil Somber (SIKS) di Balikpapan meliputi penandatanganan deklarasi dukungan untuk menetapkan tempe sebagai warisan budaya tak benda dunia, serta kegiatan edukasi mengenai pembuatan tempe dan pengolahan limbahnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat