visitaaponce.com

Jelang Puncak Haji, 67 Orang masih Dirawat di Mekah

Jelang Puncak Haji, 67 Orang masih Dirawat di Mekah
Aktivitas pemeriksaan medis jemaah haji di Mekah, Arab Saudi.(MI/Amir MR)

SEMAKIN mendekati masa puncak musim haji 2024, 67 orang masih menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan rumah sakit di Arab Saudi. Sebanyak 66 orang dirawat di Mekah, sedangkan satu lagi dirawat di Jeddah.

Mayoritas jemaah yang sedang dirawat di KKHI maupun rumah sakit dari Embarkasi Surabaya (SUB) mencapai 19 jiwa. Ini disusul embarkasi Solo dan Jakarta Bekasi.

Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah menyiapkan sejumlah kebijakan terkait layanan terhadap para jemaah yang wafat maupun saat ini dalam kondisi sakit, termasuk layanan lanjutan ibadah. Pembimbing Ibadah (Bimbad) PPIH Arab Saudi daker Madinah, KH Aswadi Syuhada, menjelaskan untuk jemaah haji Indonesia yang meninggal akan dibadalhajikan. "Saat ini, tengah disiapkan petugas yang ditugaskan melaksanakan badal haji," katanya.

Baca juga : Karena Sakit, Sebagian Jemaah Haji Bertahan di Madinah

Sementara itu, untuk jemaah haji yang saat ini masih terbaring sakit, ada beberapa skenario yang disiapkan untuk memfasilitasi mereka bisa melaksanakan ibadah di masa puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). "Skenario itu didasarkan pada kondisi mereka," ujarnya.

Jika kondisi jamaah sakit belum memungkinkan untuk menjalani ibadah Armuzna, tetapi masih memungkinkan dimobilisasi, mereka akan mengikuti safari wukuf yakni melintas sejenak di Arafah untuk melaksanakan wukuf, yang merupakan ibadah paling inti dari haji. "Setelah itu, mereka kembali ke tempat asalnya," katanya.

Safari wukuf juga berlaku untuk jemaah haji yang masuk kategori lansia serta risiko tinggi (risti). Pertimbangannya, jika mereka mengikuti ibadah Armuzna secara normal, rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, pasien yang secara fisik tidak memungkinkan untuk diikutkan safari wukuf, petugas haji juga akan membadalhajikan jemaah tersebut. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat