visitaaponce.com

Gus Muhaimin Menyapa Jemaah Haji Indonesia yang akan berangkat ke Arafah

Gus Muhaimin Menyapa Jemaah Haji Indonesia yang akan berangkat ke Arafah
Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Muhaimin Iskandar (kedua dari kiri) menyapa jemaah haji Indonesia.(AFP/YASUYOSHI CHIBA)

KETUA Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin), turun langsung mengecek kesiapan pemberangkatan jemaah haji yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur ke Arafah pada Jumat pagi waktu setempat.

Sebagaimana diketahui, puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) dimulai pada Sabtu, 9 Zulhijah 1445 Hijriah. Pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arafah dimulai pada Jumat (14/06/2024) pagi.

Dalam inspeksinya, Gus Muhaimin mengungkapkan adanya keterlambatan bus yang seharusnya mengangkut jemaah ke Arafah. "Saya menemukan fakta, janji ini mobil jam 7 (datang), ada yang jam 6. Tetapi sampai pagi ini hingga pukul 08.12 WAS Gus Muhaimin berada dilokasi belum dating juga," ujar Gus Muhaimin.

Baca juga : Muhaimin Iskandar Sampaikan Pesan untuk Jemaah Haji Indonesia

Gus Muhaimin meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk segera melakukan pembenahan terhadap masalah transportasi. "Penanganan transportasi harus ditingkatkan dan diperkuat," tegasnya.

Lebih lanjut Gus Muhaimin menekankan pentingnya ketepatan waktu angkutan bus untuk memastikan jemaah tidak terlantar dan dapat melaksanakan wukuf di Arafah, yang merupakan puncak ibadah haji. "Hari ini adalah hari paling penting bagi jemaah haji Indonesia, karena jemaah mulai berangkat ke Arafah mulai pagi ini sampai nanti malam terus bergulir," kata Wakil Ketua DPR RI.

Gus Muhaimin meminta pemerintah serius menyikapi permasalahan transportasi ini. "Karena itu, ini harus jadi perhatian kita semua. Oleh karena itu, kita harus siaga, waspada," tambahnya.

Saat inspeksi, Gus Muhaimin juga sempat menyapa jemaah dan memastikan mereka dalam kondisi sehat. "Saya cek sehat semua, makanan puas, sekarang yang perlu diperkuat masalah transportasi, harus dibenahi," tambahnya.

Gus Muhaimin, didampingi oleh istrinya dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang, melakukan inspeksi ke tiga pemondokan di Misfalah, Arab Saudi, untuk memastikan kesiapan jemaah. Mereka bergerak dari penginapan di Makkah ke Misfalah mulai pukul 06.45 WIB.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat