visitaaponce.com

Masjid Istiqlal Terima 62 Hewan Kurban pada Idul Adha

Masjid Istiqlal Terima 62 Hewan Kurban pada Idul Adha
Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Prof Nasaruddin Umar, mengumumkan pada Idul Adha 1445 Hijriah, Masjid Istiqlal telah menerima 62 hewan kurban(Antara)

IMAM Besar Masjid Istiqlal KH Prof Nasaruddin Umar mengatakan pada Idul Adha 1445 Hijriah ini, pihaknya telah menerima 62 hewan kurban dari berbagai kalangan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hewan kurban tersebut terdiri dari 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

“Hari ini saya ingin sampaikan jumlah hewan kurban yang kita kumpulkan jumlah sapinya adalah 50 ekor sapi, yang kita saksikan adalah dari Pak Presiden, lalu Pak Wapres, ada juga Pak Prabowo, Pak Gibran, Bu Mega," ujar Nasaruddin di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (17/6).

Selain itu, masjid Istiqlal juga menerima hewan kurban dari warga dan komunitas non-Muslim, yaitu Gereja Katedral, Hotel Borobudur, dan komunitas Tionghoa. Menurutnya, praktik ini merupakan bentuk toleransi Indonesia yang nantinya hasil daging kurban tersebut akan didistribusikan kepada orang-orang yang berhak.

Baca juga : Ini Tips Menyimpan Daging Kurban yang Tepat dari Dokter Hewan

“Kemudian juga yang menarik ya justru kawan-kawan juga memberikan sedekahnya dari non-muslim, ada memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita. (Ada) 22 ekor dari sahabat kita dari non-muslim, ada dari Katedral sapinya besar, kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar,” jelas Prof Nasaruddin.

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan kegiatan penyembelihan hewan kurban akan dimulai pada Selasa besok, pukul 07.00 WIB. Dikatakan pembagian hewan kurban akan dilakukan petugas kurban Masjid Istiqlal dengan mengantarkan secara langsung ke lembaga-lembaga penerima, seperti panti asuhan.

“Kami secara proaktif akan membagikan hewan kurban langsung kepada warga, sehingga tidak akan ada antrian di Masjid Istiqlal,” jelasnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Kurban Sapi di 38 Provinsi, Beratnya 900 Kg Hingga 1,2 Ton

Masjid Istiqlal juga menyerahkan hewan kurban kepada asrama-asrama penghafal Al-quran, termasuk memberikan dalam bentuk uang untuk dibelikan hewan kurban oleh pondok-pondok pesantren.

“Umumnya hewan kurban itu kami sembelih di sini, karena kami sangat peduli terhadap lingkungan yang sehat,” kata Nasaruddin.

Masjid Istiqlal juga mengelola sendiri hewan kurban agar darah penyembelihan dan kotoran tidak mengalir ke mana-mana. Darah dan kotoran hewan kurban tersebut nantinya akan ditampung pada bak khusus.

Baca juga : Media Group Network Salurkan 10 Sapi dan 4 Kambing Kurban

“Lalu diserahkan kepada industri energi untuk diolah menjadi bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. Inilah upaya Masjid Istiqlal untuk memudahkan semuanya dan mendistribusikannya secara adil,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menyerahkan sapi kurban seberat 1,2 ton kepada Masjid Istiqlal. Kegiatan penyerahan hewan kurban itu dilakukan secara simbolis dengan memberikan tali tambang yang mengikat badan sapi kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

“Masjid Istiqlal setiap tahun menyembelih hewan kurban dan tahun ini cukup banyak. Ini merupakan sunahnya Nabi Ibrahim AS supaya setiap tahun kita mengeluarkan dana untuk membeli hewan kurban untuk diberikan kepada fakir dan miskin,” tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat