visitaaponce.com

Korut Peringatkan AS tidak Ikut Campur dalam Urusan antar-Korea

Korut Peringatkan AS tidak Ikut Campur dalam Urusan antar-Korea
Suasana kawasan DMZ di perbatasan dua Korea.(AFP)

Korea Utara memperingatkan AS untuk tidak ikut campur dalam urusan antar-Korea. Hal itu disampaikan Korut setelah Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya kecewa pada Korut yang memutus jalur komunikasi dengan Korea Selatan.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Kantor Berita KCNA, seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengecam sikap bermuka dua AS sebagai 'menjijikkan'.

Direktur Jenderal untuk Urusan AS di Kementerian Luar Negeri Korea Utara Kwon Jong Gun mengatakan bahwa AS harus menahan diri untuk tidak berkomentar atas langkah yang diambil Korut.

Baca Juga: Pelajaran dari Semenanjung Korea

AS, katanya, lebih baik memikirkan urusan internalnya terlebih dahulu jika mau memastikan pemilihan presidennya berjalan dengan baik. "Itu akan lebih baik, tidak hanya untuk kepentingan AS, tetapi juga untuk mengadakan pemilihan presiden mendatang yang mudah," katanya.

Seorang Peneliti di Institut Asan untuk Studi Kebijakan di Seoul James Kim mengatakan tidak jelas apa yang akan dilakukan Korea Utara untuk mengganggu pemilu atau menyebabkan masalah bagi kampanye pemilihan kembali Presiden AS Donald Trump.

Korea Utara, pada Selasa (9/6), mengatakan bahwa mereka telah memutus semua jalur komunikasi resmi dengan Korea Selatan. Pada Rabu (10/6), Korea Selatan pun mengatakan akan mengambil tindakan hukum terhadap kelompok pembelot yang mengirim selebaran anti-Pyongyang ke Korut. (France24/Al Jazeera/Nur/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat