visitaaponce.com

Meksiko Tawarkan Suaka Politik untuk Julian Assange

Meksiko Tawarkan Suaka Politik untuk Julian Assange
Pendiri WikiLeaks Julian Assange(AFP/Justin TALLIS)

MEKSIKO, Senin (4/1), mengaku siap menawarkan suaka politik untuk pendiri WikiLeaks Julian Assange setelah hakim Inggris mengeblok ekstradisi Assange ke Amerika Serikat (AS) atas tuduhan spionase.

"Saya akan meminta kementerian luar negeri untuk melakukan prosedur yang relevan untuk meminta pemerintah Inggris melepaskan Assange dan Meksiko menawarkan suaka politik untuknya," ujar Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Pemimpin sayap kiri itu menyambut keputusan pengadilan Inggris yang menolak permintaah ekstradisi dari pemerintah AS terhadap warga negara Australia berusia 49 tahun itu.

"Assange adalah seorang wartawan dan dia layak mendapatkan kesempatan," ujar Lopez Obrador.

Baca juga: Pemimpin Kelompok Sayap Kanan Pro-Trump Ditangkap

Selama ini, Meksiko menerima banyak pencari suaka politik, mulai dari pejuang antiimpreialis Nikaragua Cesar Augusto Sandino hingga tokoh revolusioner Rusia Leon Trotsky dan, yang teranyar, mantan Presiden Bolivia Evo Morales.

"Meksiko memiliki sejarah panjang menawarkan suaka," ujar pakar hubungan internasional Adolfo Laborde.

Menurut Laborde, apakah Assange akan menerima suaka politik Meksiko akan tergantung dari tekanan politik dari aktor dan negara yang berkepentingan dengan nasibnya.

Assange didakwa dengan 18 dakwaaan di AS terkait perilisan 500 ribu berkas rahasia oleh WikiLeaks pada 2010 yang berisia kampanye militer AS di Afghanistan dan Irak. Dia terancam hukuman penjara selama 175 tahun di AS. (AFP/OL-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat