visitaaponce.com

Jepang Peringati 76 Tahun Bom Hiroshima dengan upacara Sederhana

Jepang Peringati 76 Tahun Bom Hiroshima dengan upacara Sederhana
Warga berdoa di Taman Perdamaian Hiroshima pada Jumat (6/8) pukul 8.15, saat AS menjatuhkan bom atom di kota tersebut pada 1945.(AFP/Yasuyoshi CHIBA)

JEPANG menandai 76 tahun serangan bom Hiroshima, bom atom pertama di dunia, dengan upacara sederhana, Jumat (6/8).

Korban selamat, kerabat, dan beberapa pejabat asing menghadiri acara utama tahun ini di Hiroshima untuk berdoa bagi mereka yang tewas atau terluka dalam pengeboman itu dan menyerukan perdamaian dunia.

Pandemi covid-10 membuat masyarakat umum kembali dijauhkan dari acara, dengan upacara disiarkan secara daring.

Baca juga: Iran Sebut Berita Barat, Israel, Saudi Tergolong Perang Psikologis

Para peserta, banyak yang berpakaian hitam dan mengenakan masker, berdoa dalam hati pada pukul 8.15 waktu setempat, saat senjata nuklir pertama yang digunakan pada masa perang dijatuhkan di atas kota.

Diperkirakan 140.000 orang tewas dalam pemboman Hiroshima, yang diikuti tiga hari kemudian oleh bom atom di Nagasaki.

Pada Jumat (6/8), wali kota Hiroshima memperingatkan bahwa pengalaman telah mengajarkan umat manusia bahwa mengancam orang lain untuk membela diri tidak menguntungkan siapa pun.

Dia juga menyerukan para pemimpin untuk mengunjungi Hiroshima dan Nagasaki untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang pengeboman.

Ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach melakukan perjalanan ke Hiroshima sebelum Olimpiade dimulai, untuk menandai dimulainya gencatan senjata Olimpiade yang mendesak penghentian pertempuran di seluruh dunia untuk memungkinkan perjalanan para atlet dengan aman.

Tetapi penyelenggara tidak mengabulkan permintaan dari para penyintas bom dan kota agar para atlet bergabung dalam doa hening selama satu menit pada Jumat (6/8) pagi.

Dalam sebuah surat, Bach mengatakan upacara penutupan Olimpiade akan mencakup waktu untuk menghormati para korban tragedi sepanjang sejarah.

"Suratnya tidak mengatakan apa-apa tentang permintaan kami," kata Tomohiro Higaki dari divisi promosi perdamaian Hiroshima.

"Ini mengecewakan, meskipun kami menghargai bahwa Tuan Bach mengunjungi Hiroshima untuk mengetahui realitas para korban bom,” imbuhnya.

Kunjungan Bach sendiri kontroversial, dengan lebih dari 70.000 orang menandatangani petisi yang menentang perjalanan tersebut dan menuduhnya berusaha mempromosikan Olimpiade, meskipun itu dipaksakan, saat ada tentangan.

Yoko Sado, 43, yang berjalan-jalan di sekitar taman peringatan perdamaian dengan putranya yang berusia tujuh tahun, mengatakan pandemi telah merampas kesempatan Hiroshima untuk menyebarkan pesan perdamaian.

“Jika bukan karena pandemi, banyak orang yang akan menghadiri Olimpiade Tokyo bisa mengunjungi taman ini dan melihat pamerannya,” katanya.

"Saya sedikit kecewa. Itu akan menjadi kesempatan yang bagus."

Upacara tahun ini adalah yang pertama sejak perjanjian internasional yang melarang senjata nuklir mulai berlaku tahun lalu ketika negara ke-50, Honduras, meratifikasi teks tersebut.

Perjanjian itu belum ditandatangani oleh negara-negara bersenjata nuklir, tetapi para aktivis percaya itu akan memiliki efek jera secara bertahap.

Sebelumnya pada Jumat (6/8), Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta maaf karena secara tidak sengaja melewatkan bagian dari pidato untuk menandai peringatan tersebut.

Laporan media mengatakan dia telah melewatkan satu halaman dan kesalahan itu diketahui ketika penyiar publik NHK berhenti menampilkan subtitle selama pidatonya pada upacara ulang tahun.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf karena melewatkan beberapa bagian dari pidato saya pada upacara tersebut,” kata Suga pada konferensi pers yang diadakan setelah upacara. (Straitstimes/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat