visitaaponce.com

Temui Presiden Iran, Hamas Sampaikan Perkembangan Terkini Palestina

Temui Presiden Iran, Hamas Sampaikan Perkembangan Terkini Palestina
Pemimpin Hamas Palestina, Ismail Haniyeh (kanan), dengan Presiden Iran Hassan Rouhani selama upacara pengambilan sumpah Ebrahim Raisi.(AFP/Atta Kenare.)

DELEGASI pejabat senior Hamas, yang dipimpin oleh pemimpin politik kelompok militan Ismail Haniyeh, bertemu Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran, Jumat (6/8). Raisi, 60, dilantik pada Kamis (5/8), dua hari setelah memenangkan dukungan resmi dari pemimpin tertinggi negara itu untuk menjabat menyusul kemenangannya dalam pemilihan pada Juni.

Haniyeh memperbarui Raisi tentang situasi di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan menggambarkan konsekuensi pertempuran dengan Israel pada Mei lalu, kata organisasi militan itu dalam pernyataan sebagaimana dikutip media Israel, Haaretz, Jumat (7/8). Haniyeh juga memberi Raisi perkembangan terkini di Palestina, termasuk kasus kontroversial lingkungan Syekh Jarrah Jerusalem Timur dan perluasan permukiman Israel di Tepi Barat.

Dalam pertemuannya dengan Raisi, pernyataan itu menambahkan, pemimpin Hamas menekankan bahwa rakyat Palestina akan terus berperang melawan pendudukan Israel. Raisi berjanji bahwa Iran akan terus mendukung Hamas, menurut pernyataan itu.

Delegasi yang dipimpin oleh Ziyad Al-Nakhalah, sekretaris jenderal gerakan Jihad Islam, berpartisipasi dalam upacara pelantikan Raisi pada Kamis dan diperkirakan akan bertemu dengan presiden Iran. Raisi, yang berada di bawah sanksi AS atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia ketika ia menjadi hakim, telah berjanji untuk mengambil langkah-langkah untuk mencabut sanksi keras AS yang memotong ekspor minyak Iran dan menutupnya dari sistem perbankan internasional.

Baca juga: Warga Palestina Tewas karena Tembakan Israel saat Bentrokan

Pada Juni, penyelidik PBB tentang hak asasi manusia di Iran menyerukan penyelidikan independen atas tuduhan eksekusi yang diperintahkan negara terhadap ribuan tahanan politik pada 1988 dan peran yang dimainkan oleh Raisi sebagai wakil jaksa Teheran. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat