visitaaponce.com

Oktober, Thailand Buka Banyak Destinasi Wisata bagi Turis Asing

Oktober, Thailand Buka Banyak Destinasi Wisata bagi Turis Asing
Situasi pariwisata di Phuket(AFP)

THAILAND akan membuka kembali lebih banyak tujuan wisata populernya mulai bulan depan agar menarik banyak turis mancanegara guna menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul oleh pandemi.

Pembukaan kembali ibu kota Bangkok dan Chiang Mai, serta resor pantai Pattaya, Cha-Am dan Hua Hin mulai 1 Oktober dan menargetkan mendatangkan kembali turis yang divaksinasi ke Phuket, kata pejabat kementerian pariwisata negara tersebut.

Destinasi lainnya yang akan dibuka di Thailand ialah Chiang Rai, Koh Chang dan Koh Kood, dengan konsep gelembung perjalanan atau travel bubble dengan negara-negara tetangga tahun depan, kata pejabat setempat. Dorongan untuk mengakhiri pembatasan wisatawan yang disebabkan oleh pandemi adalah bagian dari strategi baru, yakni hidup dengan covid-19 di Thailand.

Negara-negara dari Singapura, Indonesia dan Filipina pun dilaporkan juga mengubah kebijakan untuk menangani pandemi menjadi endemik guna melindungi mata pencaharian dan menyelamatkan ekonomi mereka dari perpanjangan kemerosotan.

Bagi Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, kebangkitan pariwisata adalah prioritas utama karena menyumbang sekitar seperlima dari produk domestik bruto negara itu pada 2019, sebelum pandemi. Salah satu kriteria utama bagi tempat-tempat wisata Thailand untuk membebaskan persyaratan karantina bagi wisatawan yang disuntik penuh adalah 70% tingkat vaksinasi lokal.

Pulau resor Phuket menjadi provinsi Thailand pertama yang dianggap memenuhi target itu dan dibuka kembali pada Juli, dengan program diperluas ke pulau-pulau terdekat. Thailand mengatakan bahwa apa yang disebut konsep sand box Phuket dianggap sukses, dan program itu akan ditiru di seluruh negeri, termasuk di Indonesia. (Straits Times/OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat