visitaaponce.com

Korut Kesepakatan Kapal Selam AS Picu Perlombaan Senjata Nuklir

Korut: Kesepakatan Kapal Selam AS Picu Perlombaan Senjata Nuklir'
Korsel berhasil melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam, Rabu (15/9)(AFP)

KEMENTERIAN Luar Negeri Korea Utara, Senin (20/9), mengatakan aliansi baru AS di Indo-Pasifik, dan kontrak kapal selam AS baru-baru ini dengan Australia, dapat memicu "perlombaan senjata nuklir" di kawasan tersebut.

Pekan lalu, Amerika Serikat mengumumkan pakta keamanan tiga arah yang baru dengan Australia dan Inggris, sebagai bagian dari kemitraan strategis di mana kapal selam nuklir AS akan dipasok ke Canberra.

"Ini adalah tindakan yang sangat tidak diinginkan dan berbahaya yang akan mengganggu keseimbangan strategis di kawasan Asia-Pasifik dan memicu rantai perlombaan senjata nuklir," kata media pemerintah Korea Utara KCNA yang mengutip seorang pejabat Kementerian Luar Negeri.

"Ini menunjukkan bahwa AS adalah pelaku utama yang menggulingkan sistem non-proliferasi nuklir internasional," kata seorang kepala bagian berita asing di Departemen Pers dan Informasi kementerian tersebut.

Pada Rabu lalu, Korea Utara menembakkan dua rudal ke laut. Seoul pun berhasil melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam beberapa jam kemudian. Menjadikan Korsel negara ketujuh di dunia dengan teknologi tersebut.

Serentetan uji coba rudal dan kesepakatan pertahanan di Pasifik, telah mendorong perlombaan senjata regional yang semakin intensif saat persaingan Tiongkok-AS tumbuh.

"Sangat wajar jika negara-negara tetangga termasuk Tiongkok mengutuk tindakan ini sebagai tindakan tidak bertanggung jawab yang menghancurkan perdamaian dan stabilitas kawasan," kata pejabat Korea Utara itu.

Aliansi pertahanan Australia-AS-Inggris yang baru dari Presiden AS Joe Biden secara luas dipandang bertujuan untuk melawan kebangkitan Tiongkok.

"Sikap kesepakatan ganda AS semakin jelas setelah munculnya pemerintahan baru mengikis norma dan ketertiban internasional yang diterima secara universal dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas dunia," kata pejabat kementerian Korea Utara.

Pejabat itu menambahkan bahwa Korea Utara pasti akan mengambil tindakan balasan yang sesuai jika hal itu bahkan memiliki sedikit dampak buruk pada keamanan negaranya. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Biden akan Bicara dengan Macron Terkait Pertikaian Kapal Selam

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat