visitaaponce.com

IAEA Memperingatkan KeKhawatiran atas Rencana Nuklir Iran

IAEA Memperingatkan KeKhawatiran atas Rencana Nuklir Iran
Badan pengawas nuklir PBB, IAEA, mengungkapkan kekhawatiran yang semakin meningkat terkait kemampuan Iran dalam membangun senjata nuklir.(AFP)

BADAN pengawas nuklir PBB menyampaikan keprihatinan yang semakin meningkat terhadap kemampuan Iran membangun senjata nuklir, terpicu pernyataan publik baru-baru ini di negara itu, menurut laporan rahasia yang dilihat AFP pada Senin.

Ketegangan antara Iran dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah berulang kali muncul sejak kesepakatan tahun 2015 yang bertujuan untuk membatasi program nuklir Tehran sebagai imbalan untuk keringanan sanksi hancur.

Dalam laporan tersebut, kepala IAEA Rafael Grossi mengatakan pernyataan publik yang dibuat di Iran mengenai kemampuannya secara teknis untuk membuat senjata nuklir hanya meningkatkan kekhawatiran tentang kebenaran dan kelengkapan deklarasi jaminan Iran.

Baca juga : Iran Izinkan PBB Ganti Kamera Rusak di Kompleks Nuklir

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah mengurangi kerjasamanya dengan IAEA dengan menonaktifkan perangkat pengawasan untuk memantau program nuklir dan melarang inspektur, antara langkah-langkah lain.

Menjelang pertemuan dewan gubernur IAEA pekan depan, Grossi kembali menyerukan kepada Tehran untuk "berkerjasama sepenuhnya dan tanpa keraguan dengan agen."

"Hanya melalui keterlibatan yang konstruktif dan berarti dapat kekhawatiran ini diatasi," kata Grossi dalam laporan triwulanan rahasia tersebut.

Baca juga : Iran Kecam PBB Tutup Mata terhadap Nuklir Israel

Tehran membantah mencari senjata nuklir.

Namun, pernyataan pejabat dan politisi tentang kemampuan teknis negara tersebut telah memperketat hubungan yang sudah tegang, kata sumber diplomatik.

Upaya yang dimediasi oleh UE untuk menghidupkan kembali kesepakatan, yang akan membawa Washington kembali dan Iran patuh, runtuh pada musim panas 2022.

Baca juga : Iran Desak PBB Kutuk Serangan Teroris Israel ke Situs Nuklirnya

Melanggar Batas

Iran telah meningkatkan program nuklirnya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang memiliki cukup bahan untuk membuat beberapa bom atom.

Dalam laporan rahasia terpisah yang dilihat AFP, agensi tersebut mengatakan perkiraan stok uranium yang diperkaya Iran telah mencapai lebih dari 27 kali batas yang ditetapkan dalam perjanjian 2015.

Stok total uranium yang diperkaya Iran diperkirakan mencapai 5.525,5 kilogram pada 10 Februari, naik sebanyak 1.038,7 kilogram dari Oktober, demikian laporan tersebut.

Baca juga : Para Pengamat Sangsi Iran Dapat Membuat Bom Nuklir

Senjata nuklir memerlukan uranium yang diperkaya hingga 90%, sementara pengayaan hingga 3,67% - yang diizinkan dalam perjanjian - sudah cukup untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.

Stok Iran juga mencakup 712,2 kilogram uranium yang diperkaya hingga 20% dan 121,5 kilogram yang diperkaya hingga 60%, turun sebanyak 6,8 kilogram dari laporan terakhir karena bahan yang sebagian tereduksi.

Ditanya tentang keputusan Tehran untuk "menurunkan kualitas" sebagian dari stok uranium yang mendekati tingkat senjata, diplomat itu menyiratkan motivasi politik yang mungkin.

Baca juga : Dengan Uranium, Iran Paksa Barat Cabut Sanksi

Iran "mungkin tidak ingin meningkatkan ketegangan. Mereka (mungkin) memiliki kesepakatan dengan seseorang," kata diplomat tersebut, menambahkan bahwa Tehran masih memproduksi sekitar sembilan kilogram uranium yang diperkaya hingga 60 persen setiap bulan.

AS 'sangat khawatir'

Di tengah ketegangan di Timur Tengah yang meningkat, kekuatan Barat enggan bersikap tegas terhadap Tehran karena takut memicu konflik lebih luas.

Dewan gubernur IAEA telah mengutuk kurangnya kerjasama Iran saat negara tersebut mengurangi beberapa komitmennya.

Baca juga : Kacau! 2,5 Ton Bahan Baku Nuklir di Libya Hilang

Namun sejak November 2022, anggota dewan menahan diri untuk tidak mengajukan resolusi.

Menanggapi laporan tersebut, Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka "sangat khawatir tentang perluasan terus menerus program nuklir Iran dengan cara yang tidak memiliki tujuan sipil yang kredibel," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller di Washington.

Menurut Eric Brewer dari institut penelitian Amerika Serikat, Nuclear Threat Initiative (NTI), "gambaran yang lebih besar terus sangat mengkhawatirkan."

Baca juga : IAEA Sebut Iran Punya Uranium yang Hampir Bisa Dijadikan Bom Atom

Selain itu, "tidak tampak ada jalur diplomatis yang memungkinkan untuk mengurungkan program tersebut kembali dalam waktu dekat," katanya kepada AFP.

IAEA telah memperingatkan pada November bahwa langkah "belum pernah terjadi" Iran untuk melarang beberapa inspektornya telah "secara langsung dan serius mempengaruhi" pekerjaan badan PBB tersebut.

Dalam laporan hari Senin, Grossi mengatakan ia "sangat menyesal" bahwa Iran tidak membatalkan keputusannya untuk melarang inspektur tersebut.

Tehran pada September mencabut akreditasi delapan inspektur utama berkebangsaan Prancis dan Jerman, menurut sumber diplomatik.

Menghadapi kritik yang meningkat, pemerintah Iran mengumumkan pekan lalu bahwa mereka telah mengundang Grossi untuk mengunjungi Tehran pada Mei untuk konferensi energi internasional. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat