visitaaponce.com

Para Pengamat Sangsi Iran Dapat Membuat Bom Nuklir

Para Pengamat Sangsi Iran Dapat Membuat Bom Nuklir
Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan pidato pada Hari Teknologi Nuklir Nasional Iran di ibu kota Teheran beberapa waktu lalu..(AFP/Kepresidenan Iran.)

PRESIDEN Iran Rouhani kembali berjanji bahwa aktivitas nuklir Iran pasti damai dan tetap di bawah pengawasan IAEA. Iran mengatakan membutuhkan lebih banyak uranium yang diperkaya untuk tujuan medis.

Utusan Iran untuk Badan Energi Atom Internasional PBB, Kazem Gharibabadi, mengatakan dalam tweet-nya bahwa bahan baru tersebut akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk radiofarmasi secara signifikan.

Di bawah kesepakatan nuklir, Iran telah berkomitmen untuk mempertahankan pengayaan hingga 3,67%, meskipun telah meningkatkannya hingga 20% pada Januari.

Mantan Direktur Inspeksi IAEA Robert Kelley menggambarkan lompatan ke 60% sebagai sangat provokatif dalam komentarnya kepada AFP.

Baca juga: Israel Serang Natanz, Iran Ingatkan Joe Biden

 

Iran telah sangat meningkatkan jumlah dan kinerja sentrifugal. "Ini membuatnya lebih besar, lebih baik, lebih cepat," katanya.

Kelley juga mencatat, bagaimanapun, bahwa Iran tidak membuat uranium kelas militer karena tidak ada orang waras yang mencoba membuat bom dengan 60%.

Dia juga mengatakan bahwa tidak banyak bukti Iran telah mengumpulkan banyak elemen kunci lain untuk mengembangkan bom nuklir, termasuk komponen mekanis.

Baca juga: Pengayaan Uranium Iran Tanggapi Terorisme Nuklir Israel
 

Analis Henry Rome berpendapat bahwa langkah Iran berusaha untuk menghindarinya tampak lemah saat negosiasi nuklir dilanjutkan.

"Untuk saat ini, Iran sedang membangun pengaruh, bukan bom," kata Roma, spesialis Iran untuk konsultan Grup Eurasia yang berbasis di Washington. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat